Harga Tiket Masuk, Waktu Atraksi, Koleksi & Kegiatan Seru

  • Bagikan

Bali Bird Park – Apakah anda ingin melihat koleksi 1000 burung dari berbagai negara dan daerah-daerah nusantara ketika liburan di Bali?

baca selengkapnya atau tidak sama sekali... Saya sarankan agar tidak membacanya

Maka berkunjunglah ke Bali Bird Park dimana di sini anda dapat melihat secara langsung dan berinteraksi dengan berbagai jenis burung-burung yang cantik di ruang hidup yang tertata dengan baik oleh 50 pohon Palm dan 2000 tanaman tropis…

Menakjubkan bukan?

Bali Bird Park merupakan salah satu taman burung terbesar di Indonesia yang berada di Bali.

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda untuk mengunjungi taman taman burung yang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Bali dan pilihan bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

burung Merak Putih di Bali Bird Park
burung Merak Putih di Bali Bird Park
Harga Tiket Tiket Bali Bird Park
Harga Tiket Tiket Bali Bird Park

Dikenal dengan sebutan Taman Burung Bali, Bali Bird Park berlokasi tidak jauh dari kota Denpasar yaitu di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali.

Anda dapat tiba di Bali Bird Park setelah perjalanan kira-kira selama 45 menit dari kota Denpasar.

Menjadi salah satu obyek wisata keluarga yang paling digemari di Bali, Bali Bird Park selalu dipadati banyak wisatawan setiap harinya. Jumlah pengunjung pun semakin meningkat saat musim liburan sekolah dan hari raya tiba.

Keterangan Harga Tiket Masuk Ke Bird Park Bali

  • Harga tiket di atas adalah untuk wisatawan Indonesia
  • Harga tiket masuk bisa berubah tanpa pembertahuan
  • Harga tiket di atas sudah include dengan semua pertunjukan.
  • Untuk anda yang datang dengan minimal 20 orang, maka anda akan dipandu oleh tour guide secara gratis oleh pihak taman burung Bali. Akan tetapi anda mesti pesan sehari sebelumnya.

Jangan lewatkan juga: Odyssey Submarine Bali

Jam Buka 

Untuk jam buka Bali Bird Park adalah Pkl 09.00 – Pkl 17.30. Jika pemesanan lebih dari 20 orang, Anda akan mendapatkan Fasilitas Tour Guide secara gratis. Cukup murah bukan dengan fasilitas yang lengkap?

Apa yang menarik di Bali Bird Park?

Pertama kali dibuka pada tahun 1995, Bali Bird Park berkomitmen menjadi tempat wisata yang peduli akan pelestarian satwa khususnya reptil dan burung yang keberadaannya hampir punah.

  • Bali Bird Park memiliki koleksi burung yang lengkap sekitaran 1000 burung dari 250 spesies burung yang berbeda-beda yang berasal dari berbagai daerah nusantara dan mancanegara.
  • Di samping itu Bali Bird Pak memiliki koleksi tanaman palm dan tropis yang mengelilingi taman burung ini.
  • Taman burung ini bisa sebagai sarana hiburan dan edukasi bagi wisatawan yang membawa anak-anak, seperti anak-anak bisa memberi makan burung, melihat proses bertelurnya burung serta bisa melihat kelincahan dalam atraksi burung yang menarik.
  • Di samping itu taman burung Bali Bird Park ini mudah untuk diakses, baik itu wisatawan yang yang kesana dengan mobil pribadi ataupun secara berkelompok dengan bis karena disediakan tempat parkir yang lumayan luas.

Kunjungi juga: 30 Air Terjun di Bali

Di tempat wisata ini, Anda dapat menyaksikan sekitar 1000 burung dari 250 spesies yang berbeda.

Selain berasal dari Indonesia, beragam jenis burung dari luar negri juga dapat Anda jumpai.

Kami sudah mengelompokkan perwakilan nama-nama burung yang mewakili setiap wilayah asal dari keanekaragaman burung yang cantik ini, coba lihat keterangan dan gambar di bawah ini…

Dimulai dari Afrika Selatan….

….dengan burung yang pandai menirukan suara manusia yaitu Kakak tua abu-abu.

Ada juga burung dengan siulannya yang khas yaitu Flamingo dan Kookabura.

Koleksi lainnya ialah Purple Glossy Starling, Senegal Bayan, Hombill, Von der Decken, Kecubung Starling dan Violet Turaco.

Dari Afrika Selatan kita mulai menjelajah ke Amerika Selatan…

…yang memiliki beragam jenis burung dengan bulu indah yaitu Swainsonnya Toucan, Winged Amazon, Love Bird, Hans Macaw, Buffon Macaw, Macaw biru dan emas, Green Winged Macaw dan Red Froted Macaw.

Tak ketinggalan ada pula burung beo terbesar di dunia yaitu Scarlet Macaw dan Hyacinth Macaw.

Untuk burung-burung langka khas Indonesia terbagi dalam lima daerah, yakni Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali dan Papua….

Dari Sumatera…

…ada burung hantu dengan telinganya yang besar dan cakar yang kuat.

Ada pula Black Indian Hawk Eagle, Senegal Parrot, ar-pouched Wreathed hornbill, White Crested Hornbill Lesser Coucal dan juga Chrinsom Wing Parakee.

Berlanjut ke daerah Jawa…

…ada Pipit Jawa, Magpie Robin, Elang Jawa dan banyak burung khas Jawa lainnya.

Koleksi lainnya burung dari Jawa adalah Banded pita, Asian Fairy-Bluebird, Asian Pied Starling, Black-naped Oriole, Javan Hawk Eagle, Southern-pied Hornbill, Magpie Robin, Sunda Scops Owl, Fire-tufted Barbet, Purple-backed Starling, Java Sparrow dan Moustached parakeet.

Dari Jawa menuju ke Pulau Bali…

Nias Bukit Myna
Nias Bukit Myna via Ebird

…ada Nias Bukit Myna dan Jalak Bali.

Salah satu ciri khas burung di Bali adalah Jalak Bali, burung ini merupakan salah satu burung langka di dunia yang terancam punah dan sekarang ini lagi digalakkan untuk program konservasinya.

Koleksi burung yang lainnya yang bisa anda lihat adalah Jalak Bali, Brown-billed Cuckoo Dove, Bronze-tailed Peacock Pheasant, New Guinea Bronzewing, Peaceful/Zebra Dove, Emerald Ground Dove, Flying Fox/Fruit Bat, Black-naped Oriole, Purple Swamphen, Ringneck White Dove, Pied Imperial Pigeon, Orange-breasted Green Pigeon, Glossy Ibis, Cattle Egret, Black-naped Fruit Dove, Little Green Pigeon, Spotted Dove, Common Myna, Javan Green Peafowl, Night pond Heron, Asian Pied Starling, Javan myna, Yellow vented bulbul, Australian Pelican, dan Nias Hill Myna.

Menyebrang ke Kalimantan…

…ada  Nicobar Pigeon, Great Argus Pheasant, Crested Serpent Eagle dan koleksi burung dari Kalimantan lainnya.

Di Papua….

burung Kasuari
burung Kasuari

….di sini anda juga bisa melihat berbagai macam burung dari Papua, seperti burung Kasuari yang terkenal dan koleksi burung lainnya..

Anak-anak pun bisa Berinteraksi dengan beranekaragam burung yang cantik di Taman Burung ini

Anak-anak pun dapat berinteraksi secara langsung dengan burung-burung tersebut. Memberi makan, menikmati keindahan dan kicauan burung merupakan hal yang menyenangkan bagi anak-anak.

Memberi makan, menikmati keindahan dan kicauan burung merupakan hal yang menyenangkan bagi anak-anak.

Dengan mengajak anak-anak berwisata di Bali Bird Park, suasana liburan menjadi lebih mengasyikkan karena mereka dapat belajar mengenal burung-burung yang ada di alam bebas.

Ruang hidup yang tertata dengan baik dengan 50 pohon Palm dan 2000 Tanaman Tropis

Penataan tempat di Bali Bird juga terkenal sangat rapi dan indah.

Adanya 50 pohon Palm dan 2000 tanaman tropis menjadikan suasana menjadi indah dan rindang. Ruang hidup yang tertata dengan baik dengan 50 pohon Palm dan 2000 Tanaman Tropis….

Bali bird park visitors with birds via Agoda'
Bali bird park visitors with birds via Agoda

Hal tersebut menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang.

Selain itu, penataan tersebut juga dapat memberikan ruang bagi makhluk hidup lain seperti tumbuh-tumbuhan dan kupu-kupu untuk dapat berkembang biak.

Melihat pusat perkembangbiakan burung dari bertelur sampai menetas

Di Bali Bird Park, Anda juga dapat melihat pusat perkembangbiakan burung dari bertelur hingga menetas.

bayi burung Kakatua baru menetas
bayi burung Kakatua baru menetas

Tentu saja hal tersebut dapat menambah wawasan Anda dan putra-putri tercinta tentang proses perkembangbiakan burung. Di Bali Bird Park, Anda juga dapat melihat pusat perkembangbiakan burung dari bertelur hingga menetas.

Terdapat pula sebuah teater 4 dimensi dimana Anda dapat menyaksikan film dengan efek yang nyata. Wow..sungguh menarik bukan?

Lokasi restauran dan cafe yang menyenangkan dengan suasana alam dan kicauan burung

Beragam restoran dan kafe juga dapat Anda kunjungi di tempat ini. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat haus dan lapar melanda Beragam restoran dan kafe juga dapat Anda kunjungi di tempat ini.

Bali Bird Park Cafe
Bali Bird Park Cafe

Lokasi restoran dan cafe yang hangat dan menyenangkan akan menemani putra-putri Anda menikmati makan sambil melihat beragam jenis burung yang berkeliaran bebas di sekitar taman.

Cicipi juga: 39 Makanan Khas Bali

Atraksi dan Pertunjukan di Bali Bird Park

Bali Bird Park juga menyajikan beragam atraksi wisata. Anda dan putra-putri tercinta akan dihibur dengan penampilan beragam jenis burung yang melakukan atraksi menarik.

Atraksi Wisata di Bali Bird Park Dengan Penampilan Beragam Jenis Burung. Anda dan putra-putri tercinta akan dihibur dengan penampilan beragam jenis burung yang melakukan atraksi menarik.

Atraksi wisata ini bertujuan meningkatkan rasa peduli akan pelestarian satwa khususnya reptil dan burung yang keberadaanya hampir punah.

Berikut ini beberapa atraksi dan pertunjukan yang bisa anda saksikan di Bali Bird Park, jangan sampai ketinggalan ya:

1. Meet The Bird Star

Meet The Bird Star
Meet The Bird Star

Anda dapat menyaksikan berbagai jenis burung yang dilepas di taman dan terbang bebas. Selain itu, ada pula sekelompok bebek lucu mewarnai atraksi ini. Waktu: Pkl. 12.00, Pkl. 15.00 dan Pkl. 16.30

2. Guyu-guyu corner

Atraksi Guyu-Guyu Corner via IG @ijass25
Atraksi Guyu-Guyu Corner via IG @ijass25

Putra-putri Anda dapat berfoto bersama burung-burung jinak dengan bulu menawan di atraksi ini. Waktu: Sepanjang hari di atas Pkl. 09.00

Disini anda bisa berfoto sepuasnya dengan burung kakak rua nan cantik. Burung kakak tua tersebut memiliki bulu yang berwarna-warni.

Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan burung kakak tua tersebut, di wahana ini anda juga bisa berinteraksi dengan Burung Makaw yang berasal dari Amerika

3. Bali Rainforest

Bali Rainforest
Bali Rainforest

Jangan lupa juga untuk menyaksikan pertunjukan bali ranforest. Disini anda akan dihibur dengan pertunjukan dari burung kakak tua dan burung bangau melakukan atraksi terbang.

4. Basic Instinct

Basic Instinct
Basic Instinct

Di sini, anda akan melihat pertunjukan burung pemangsa seperti elang, burung hantu dan burung layang-layang dengan atraksi menyambar makanan dari tangan sang pawang atau para pengunjung.

Burung pemangsa ini akan terbang tinggi ke udara kemudian akan menukik sembari menyambar daging atau ikan dengan cepat, bisa dari tangan pawang atau pengunjung yang berani. Anda berani?

5. Cinema 4D

4D Theatre via IG @firstklass
4D Theatre via IG @firstklass

Menonton cinema 4 dimensi bertema burung dan daur hidupnya. Waktu: Sepanjang hari di atas Pkl 10.00

Disini anda bisa mengajak anak untuk menyaksikan pertunjukkan bertema burung, selain sebagai sarana hiburan juga sebagai sarana edukasi untuk anak-anak.

Wisatawan yang datang kesini akan dihibur dengan pertunjukan film bertema burung dengan layar 4 dimensi sehingga anda benar-benar akan merasakan seperti nyata.

6. Komodo Experience

Komodo Experience
Komodo Experience

Anda mau ketemu dinosaurus yang masih hidup, maka disini adalah tempatnya, bahkan bukan cuma melihat anda bisa melihat komodo ini sembari memberinya makan.

7. Interactive Feeding Time

Putra-putri Anda juga dapat memberi makan berbagai jenis burung. Melihat burung-burung lahap memakan makanannya adalah hal yang menyenangkan bagi mereka.

Ada tiga aktivitas yang meliput program ini yaitu:

Papua Rainforest Feed

Papua Rainforest Feed
Papua Rainforest Feed

Papua Rainforest Feed, dimana anda akan bisa berinteraksi dengan koleksi burung eksotis dari Papua.
Waktu: Pkl 09.30 dan Pkl 12.45

Lory Feeding

Lory Feeding via Ig @majide058
Lory Feeding via IG @majide058

Lory Feeding, di sini anda akan memberi makan burung lori yang berwarna pelangi yang jinak.
Waktu: Sepanjang hari

Pelican Feeding

Pelican Feeding via IG @abida_zurika
Pelican Feeding via IG @abida_zurika

Pelican Feeding, di sini anda akan memberi makan burung pelican dengan mulut yang berkantung besar, melemparkan beberapa ikan kepada mereka merupakan pengalaman yang menyenangkan.
Waktu: Pkl 11.00 dan Pkl 15.30

Jadwal Pertunjukan

Wahana atau atraksi wisata di Bali Bird Park hanya bisa dinikmati pada waktu atau jadwal pementasan yang telah diatur pengelola.

Berikut ini jadwal pertunjukan selengkapnya di taman burung Bali:

Atraksi Waktu
Reptilarium 09.00 – 17.00 WIB
Cinema 4D 011.00 – 17.00 WIB
Guyu-Guyu Corner 09.00 – 17.00 WIB
Bali Rainforest 10.00 – 16.00 WIB
Basic Instinc 11.00 – 15.00 WIB
Meet The Bird Star 12.30 – 16.30 WIB
The Komodo Experience 11.00 – 14.30 WIB
Pelican Feeding 10.00 – 13.15 WIB
Papua Rainforest 09.00 – 13.00 WIB
Lory Feeding 09.00 – 17.00 WIB

Tips Liburan ke Bali Bird Park

  • Jika anda ingin mencari kendaraan untuk ke sana gunakanlah jasa sewa mobil di Bali yang benar-benar anda tahu kredibilitas atau memakai jasa taksi yang sudah resmi dan bukan taksi liar.
  • Jika anda membawa anak-anak, umur anak di bawah 2 tahun, free of charge
  • Anda bisa meminta tour guide secara gratis jika anda membawa rombongan minimal 20 orang
  • Jangan lupa bawa kamera karena anda bisa berfoto dengan burung-burung eksotis secara gratis.
  • Sebaiknya anda membawa lotion anti nyamuk untuk jaga-jaga digigit serangga, karena suasana di taman burung ini mirip hutan tropis.
  • Jangan lupa bawa makanan dari luar karena bisa menghemat budget anda dan bisa disesuaikan dengan selera anda..

Cara Terbaik Menuju Lokasi Bali Bird Park Gianyar

Buat wisatawan yang ingin liburan ke bali bird park Gianyar ini, anda bisa menggunakan berbagai transportasi yang tersedia, ada banyak sekali lho kendaraan yang siap mengantarkan anda menuju ke lokasi ini, bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, atau dengan menyewa kendaraan yang banyak tersedia di Bali.

Ada banyak pilihan transportasi liburan yang dapat anda gunakan sebagai sarana transportasi di pulau Bali. Pilihan transportasi liburan di pulau juga tersedia untuk semua budget.

Transportasi liburan terbaik di Bali adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik berupa sepeda motor atau mobil.

Sewa Motor

Cara pertama untuk menuju ke taman burung ini adalah dengan menggunakan kendaraan roda dua, namun tentu saja dengan menyewa kendaraan roda dua ini terbatas orang yang bisa kita bawa, kecuali jika kita menyewa sepeda motor lebih dari satu, kita bisa bepergian berombongan dengan sepeda motor.

Rental Mobil

Selain menyewa sepeda motor, anda juga bisa menggunakan jasa penyewaan mobil yang banyak tersedia di Bali. Bahkan anda bisa menyewa jasa sewa mobil dengan atau tanpa sopir.

Menggunakan Microbus/Bus Pariwisata

Selain dengan mobil atau motor, anda juga bisa menuju ke taman burung Gianyar ini dengan menyewa microbus atau bus pariwisata. Khusus untuk anda yang bepergian dengan rombongan yang banyak, tentu solusi menggunakan bus bisa menjadi pilihan terbaik.

Ada banyak sekali penyedia jasa penyewaan rental jenis Izusu ELF atau rental Toyota Hiace yang siap mengantar anda dan rombongan ke lokasi wisata di Gianyar Bal ini.

Waktu Terbaik Liburan Ke Bird Park Gianyar

Pada dasarnya anda bisa bermain ke taman burung Gianyar ini kapan saja, akan tetapi ada waktu-waktu terbaik sehingga liburan anda jadi lebih maksimal.

Waktu terbaik mengunjung Bali Bird Park ini disesuaikan dengan kecenderungan masing-masing wisatawan, dimana waktu terbaik kesini untuk yang kurang suka dengan keramaian maka sebaiknya anda mengunjungi taman burung Gianyar Bali pada sore hari dari jam 14:00.

Hal ini dikarenakan objek wisata taman burung di Gianyar  ini biasanya dipadati oleh wisatawan mulai dari 11:00 – 13:00.

Dan untuk anda yang ingin menyaksikan kegiatan memberi makan Komodo maka waktu terbaik berkunjung ke taman burung Gianyar ini adalah hari Selasa & hari Jumat. Pada hari tersebut pengelola mengkhususkan diadakan pertunjukan memberikan makan Komodo.

FAQ

Meski uraian dari kami di atas sudah cukup lengkap dan memadai, namun tidak jarang juga wisatawan yang hendak liburan ke taman burung Gianyar ini melontarkan beberapa pertanyaan. Berikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban terkait objek wisata di Bali yang satu ini:

1. Apakah Tiket Masuk Taman Burung Gianyar Bali tersebut sudah termasuk wahana pertunjukan?

Jawabannya adalah iya, harga tiket masuk tersebut suda include dengan semua atraksi dan pertunjukan yang diadakan oleh pengelola Bali Bird Park Gianyar. Jadi cukup bayar sekali mak anda sudah bisa menikmati semua pertunjukkan, hanya saja anda perlu memperhatikan lagi kapan jadwal dari masing-masing pertunjukan.

2. Berapa lama untuk melihat semua daya tarik Taman Burung Gianyar Bali?

Agar dapat menyaksikan semua atraksi yang ada di taman burung Gianyar ini, estimasi waktu yang dibutuhkan berbeda-beda, namun secara umum adalah 3 jam. Dengan waktu 2 jam kita sudah bisa menyaksikan dan mengunjungi berbagai wahana dan atraksi yang tersedia. 

3. Apakah foto dengan burung membayar?Kegiatan berfoto dengan burung sama sekali tidak membayar, anda bisa menggunakan kamera pribadi atau ponsel pribadi anda untuk mengabadikan momen disini.

Namun jika anda ingin mendapatkan gambar profesional anda bisa menyewa jasa fotografer profesional dengan biaya tertentu. Biasanya pengunjung yang ingin mendapatkan foto yang profesional, mesti membayar jasa fotografer profesional sekitar Rp 150,000/1 foto yang dicetak.

4. Apakah atraksi memberi makan Komodo tersedia setiap hari?

Sebenarnya pertanyaan ini sudah dijawab pada artikel di atas. Untuk wisatawan yang ingin mengikuti pertunjukan untuk memberi makan komodo, maka anda bisa datang pada hari Selasa pukul 11:00 dan pada hari Jumat pukul 14:30.

*    *    *     *     *     *     *

Demikianlah ulasan mengenai Bali Bird Park yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan anda bersama rombongan di akhir pekan atau musim liburan selanjutnya.

Kunjungi juga: Bali Safari Marine Park

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *