Harga Tiket Masuk, Wahana dll

  • Bagikan

Pemandian Air Panas Ciwalini adalah sebuah tempat wisata yang menarik dan dimiliki oleh PTPN VIII, tentunya pemandian ini sangat cocok untuk anda kunjungi karena Air panasnya berasal dari Gunung Patuha yang berada di ketinggian sekitar 2400 mdpl.

baca selengkapnya atau tidak sama sekali... Saya sarankan agar tidak membacanya

Selain itu, disini juga terdapat banyak wahana yang bagus dan keren-keren contohnya wahana yang bisa memicu adrenalin anda. Pokoknya anda tidak akan menyesal deh ketika berada di tempat wisata ini. Sangat cocok untuk mengisi waktu luang anda ketika liburan.

Bandung tidak hanya terkenal dengan gadisnya yang cantik-cantik atau gelis saja, Bandung memiliki sejuta pesona, mulai dari kulinernya yang beragam sampai keindahan alamnya yang sangat luar biasa.

Bukan cuma keindahan alam saja, potensi sumber daya alam Bandung juga sangat berlimpah, salah satu yang menarik untuk kita kupas adalah pemandian air panas Cialini Bandung.

Selain memiliki pemandian air panas Ciwalini ini, Bandung juga sangat terkenal dengan keramahan penduduknya, sehingga menambah khasanah kehangatan bagi siapa saja yang datang ke Bandung.

Bahkan A.W.Brouwer pernah menuturkan bahwa “Bumi Pasundan lahir ketika tuhan sedang tersenyum”. Hal inilah yang menjadikan Bandung memiliki daya tarik yang luar biasa, jumlah tempat wisata di Bandung ada ratusan, tidak heran kalau paris van java ini menjadi salah satu tujuan liburan masyarakat Indonesia.

Pemandian air panas Ciwalini ini sendiri terletak di jalan raya Ciwidey. Jalan Raya Ciwidey ini sendiri sudah sangat terkenal memiliki banyak sekali objek wisata, yang bahkan juga dikunjungi oleh wisatawan dari Mancanegara.

Tidak heran kalau jalanan yang berkelok-kelok dan rindang dengan pepohonan di pinggirnya membuat wisatawan rela bersusah-susah untuk bisa sampai kesini.

Beberapa objek wisata di Ciwidey yang sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara diantaranya seperti Kawah putih, Ranca Umpas, dan Rancabali dengan kebun teh dan pemandian air panasnya.

Nah, salah satu pemandian air panas di Ciwidey yang akan kita eksplore kali ini adalah pemandian air panas Ciwalini yang wajib kita sambangi saat akhir pekan atau musim liburan.

Wahana Pemandian Air Panas Ciwalini

Disini tidak hanya ada pemandian air panas saja, ada banyak wahana seru untuk kita liburan disini. Apa saja ya? Silahkan beberapa wahana seru yang bisa anda nikmati ketika liburan ke pemandian air panas ini:

1. Water Boom

Waterboom Pemandian Air Panas Ciwalini
Waterboom Pemandian Air Panas Ciwalini

Wahana pertama yang bisa anda nikmati di pemandian air panas ini adalah wahana waterboom. Buat kalian yang suka main perosotan maka anda bisa mencoba wahana asyik yang satu ini, disini juga ada waterboom dan anda bisa olahraga berenang dengan berbagai fasilitas penunjang yang terbilang lengkap.

Kunjungi juga: 12 Waterboom di Bandung

2. Kolam Panas

Pemandian Air Panas Ciwalini
Pemandian Air Panas Ciwalini

Jadi sesuai dengan namanya disini terdapat kolam air panas dan airnya mengandung belerang karena airnya berasal langsung dari gunung petuha. Katanya sih airnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit contohnya penyakit kulit, rematik dan lainnya.

3. Walini Adventure

Flying Fox via IG @air_panas_walini
Flying Fox via IG @air_panas_walini

Untuk wahana Walini Adventure terdiri dari:

  • ATV 90cc : Jadi anda bisa mencoba ATV ini untuk berkeliling di area wisata ini
  • ATV Tea Tour 260 CC : Anda dapat menyewa ATV ini untuk berkeliling ke area perkebunan
  • Motor Cros Mini 30 CC : Jika anda lebih suka menggunakan motor maka anda lebih baik menggunakan ini.
  • Sepeda Tour : Yang suka olahraga disarankan untuk menggunakan sepeda saja karena lebih sehat.
  • Flying Fox : Kalau anda ingin menikmati pemandangan dari atas ketinggian anda dapat mencoba flying fox
  • Trampoline : Sangat cocok bagi yang suka loncat-loncat

Kunjungi juga: 18 Curug di Bandung

4. Terapi ikan

Terapi ikan via IG @abdulhkm18
Terapi ikan via IG @abdulhkm18

Wahana yang satu ini bisa kalian coba untuk mendapatkan rasa rileks setelah lelah bekerja selama seminggu ini. Anda akan diterapi oleh terapis profesional dari ikan-ikan yang sudah ‘terlatih’ menggigit kaki wisatawan yang datang.

Dengan terapi ikan ini maka anda akan menjadi lebih rileks lho, karena sirkulasi darah anda menjadi lebih lancar, dapat membuat pikiran menjadi tenang serta membakar tumpukan lemak dalam tubuh.

Kunjungi juga: 22 Kolam Renang di Bandung

5. Wahana Bermain Anak

Wahana bermain anak via IG @inez_tsabitah
Wahana bermain anak via IG @inez_tsabitah

Di pemandian air panas ini juga ada taman bermain anak yang bisa dijadikan arena bermain bersama anak. Di taman yang dikelilingi oleh kebun bunga dan kolam dengan air jernih dan pemandangan hijau pepohonan yang rindang membuat sangat asyik untuk bermain-main disini.

Kunjungi juga: 19 Tempat Wisata Murah Meriah di Bandung

Fasilitas

Karena pengunjung semakin bertambah, maka pengelola terus menambah berbagai fasilitas penunjang wisata agar wisatawan yang datang merasa nyaman ketika sedang berlibur.

Ke depan wisatawan akan semakin dimanjakan oleh fasilitas penunjang yang tersedia. Berbagai wahana permainan seru juga sudah ada disini, seperti yang sudah di bahas sebelum, ada waterboom, flying fox, motor cross, sepeda tour dan berbagai jenis kendaraan ATV, gazebo atau pendopo, taman bermain, serta mushola juga tersedia di pemandian air panas Ciwalini.

Untuk memberikan kenyamanan pengunjung, di objek wisata ini tersedia:

  • Warung Makan
  • WC
  • Lahan Parkir
  • Penginapan
  • Kamar Mandi
  • Tempat Ibadah
  • Saung

Jam Operasional

Hari Jam Operasional
Senin – Kamis 06.00 – 18.00 WIB
Jumat TUTUP
Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional 06.00 – 18.00 WIB

Kunjungi juga: 101 Tips Liburan di Bandung

Lokasi

Pemandian air panas ciwalini ini ada di Jalan Raya Ciwiday – Patengan, Tenjolaya, kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Letaknya ada di Gunung Patuha serta ada di kebun teh walini ciwiday. Karena berada di kaki gunung dan perkebunan teh, maka disini sangat sejuk dan udara yang segar. Sangat nyaman berada di objek wisata ini.

Rute Menuju Lokasi Pemandian Air Panas Ciwalini

Untuk anda yang ingin mengunjungi pemandian air panas ciwalini, anda bisa menjangkaunya dengan mudah. Transportasi umum juga bisa menjangkau objek wisata ini.

Akses jalan menuju lokasi pemandian air panas ini juga sudah sangat baik, sehingga anda tidak perlu khawatir perjalanan anda tidak nyaman.

Karena objek wisata ini sudah sangat terkenal, anda bisa menemukan pemandian air panas ini dengan mudah. Untuk anda yang datang dengan kendaraan pribadi, anda bisa mengikuti rute:

Arahkan kendaraan anda menuju ke jalan Kopo, kemudian dilanjutkan ke jalan Cilampeni. Setelah itu, pilih jalan menuju Katapang, lalu ke Soreang dan terakhir mengambil jalan ke Ciwidey.

Alamat pemandian air panas Ciwalini Bandung yaitu jalan Raya Ciwidey-Patengan Tenjolaya Ciwidey, di desa Patengan, kecamatan Rancabali, Bandung.

Sementara buat kalian yang datang menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik elf dengan tujuan ke terminal Leuwipanjang, Ciwidey. Selain itu, kalian juga bisa sewa motor untuk menuju ke tempat ini agar lebih asyik lagi.

Kunjungi juga: 30 Tempat Instagramable di Bandung

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciwalini
Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciwalini

Untuk masuk ke dalam area pemandian air panas ini anda mesti mengeluarkan kocek sekitar Rp20.000,-. Harga ini terbilang cukup murah dengan berbagai fasilitas penunjang serta wahana yang tersedia.

Selain membayar tiket masuk tersebut, wisatawan juga mesti membayar tarif parkir, dan kolam renang. Untuk parkir roda dua yaitu Rp3000,- dan Rp5000,- untuk mobil kecil dan untuk parkir bus disini atau truk adalah Rp20.000,- Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Sementara untuk tarif kolam renang di pemandian air panas ciwalini ini bervariasi, untuk berenang disini, anda mesti mengeluarkan kocek sebesar  Rp10.000,-/orang dan kolam keluarga Rp150.000,-/jam. Selain itu, kamar rendam dengan harga tiket Rp20.000,-/orang dan terapi ikan Rp10.000,-/orang.

Tiket Kategori Harga
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Rp. 20.000
Wisatawan Asing Rp. 100.000
Tiket Tambahan Rp. 10.000
Biaya Parkir Sepeda Motor Rp. 3000
Mobil Rp. 5000
Mini Bus Rp 20.000

Note :

Jadi untuk Tiket masuk dan tiket parkir disini sudah dilengkapi dengan sistem barcode. Karena untuk mencegah pemalsuan tiket.

Note:

Perlu para wisatawan ketahui bahwa sumber air panas disini adalah berasal dari air panas alami dari Gunung Patuha. Selain airnya yang alami, keasrian alam di sekitar pemandian ini masih terjaga dengan baik, sehingga tidak heran kalau udara masih segar dan sejuk. 

Mandi di pemandian air panas ini akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulir, karena air panas alami ini mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi sehingga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit kulir seperti gatal pada kulit, flek hitam, kudis, infeksi, panu, dan kurap.

*     *      *      *       *       *      *

Demikianlah ulasan mengenai tentang Pemandian Air Panas Ciwalini yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga  bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati liburan di pemandian air panas bersama keluarga atau pasangan tercinta.

Kunjungi juga: 10 Aktivitas Seru di Alun-alun Bandung

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *