Harga Tiket, Daya Tarik, objek wisata, penginapan!

  • Bagikan

Pulau Komodo terkenal menjadi salah satu tujuan wisata utama turis asing di Indonesia. Tempat yang menawarkan pemandangan bukit-bukit kering yang eksotis dan ekosistem bawah laut yang luar biasa ini menarik karena komodo hidup di sana. Salah satu predator terbuas ini di habitat aslinya hanya ada di Pulau Komodo, Rinca, dan Gili Montang.

Fakta Seputar Komodo & Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo via Tribunnews
Taman Nasional Komodo via Tribunnews

Berikut ini beberapa fakta yang mesti anda ketahui seputar komodo dan pulau Komodo ini:

  • Fakta yang pertama adalah bahwa Taman Nasional Komodo ini dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO pada tahun 1986.
  • Menurut data yang ada, untuk komodo paling panjang adalah 3,13meter dengan berat 166Kg.
  • Komodo punya 60 buah gigi yang bergerigi tajam sepanjang sekitar 2.5 cm.
  • Air liur komodo sering kali bercampur sedikit darah karena giginya hampir seluruhnya dilapisi jaringan gingiva dan jaringan ini tercabik selama makan. Kondisi ini menciptakan lingkungan pertumbuhan yang ideal untuk bakteri mematikan yang hidup di mulut mereka.
  • Komodo jantan lebih besar daripada komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap sampai merah batu bata, sementara komodo betina lebih berwarna hijau buah zaitun, dan memiliki potongan kecil kuning pada tenggorokannya. Komodo muda lebih berwarna, dengan warna kuning, hijau dan putih pada latar belakang hitam.
  • Bakteri yang paling mematikan di air liur komodo agaknya adalah bakteri Pasteurella multocida.
  • Adapun masa kawin komodo ini terjadi pada bulan Mei dan Agustus. Betina akan mengandung telur tersebut sekitar 1 bulan lalu menetas dalam waktu 7-8 bulan. Seekor komodo betina dapat bertelur hingga 13 butir.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Wisatawan melihat satwa Komodo (Varanus Komodoensis) di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur
Wisatawan melihat satwa Komodo (Varanus Komodoensis) di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo ini secara administrasi ada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Untuk bisa sampai ke kepulauan Komodo anda sebaiknya menggunakan jasa travel agen yang terpercaya dan berpengalaman dengan menggunakan kepal sewaan dari labuhan bajo.

Jadi, dari daerah asal anda, silahkan untuk menuju ke pelabuhan labuhan bajo, namun ada baiknya jika anda memesan jasa agen travel ini secara online agar anda tidak kesulitan ketika sampai di lokasi.

Anda bisa menemukan agen travel yang menawarkan paket tour sailing Komodo di sepanjang jalur menuju ke Pelabuhan Labuan Bajo.

Harga Tiket Masuk Pulau Komodo

Wisata Taman Nasional Pulau Komodo via Wikipedia
Wisata Taman Nasional Pulau Komodo via Wikipedia

Untuk memasuki Kawasan Taman Nasional Komodo, seorang turis lokal dikenai biaya Rp.5000 sedangkan wisatawan asing harus membayar Rp. 150.000.

Karena komodo adalah binatang buas yang berbahaya, pengunjung perlu dikawal ranger saat mengelilingi kawasan. Pulau Komodo akan lebih nyaman dijelajahi dengan sandal atau sepatu yang didesain untuk kegiatan luar ruangan.

Berikut ini detail biaya masuk ke taman nasional komodo sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan, menurut Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2014 dan Keputusan Dirjen PHKA Nomor: SK.133/IV-SET/2014.

Tiket Masuk

  • Wisatawan domestik: Rp5.000/orang/hari.
  • Wisatawan mancanegara: Rp150.000/orang/hari
  • Rombongan pelajar/mahasiswa dalam negeri (minimal 10 orang): Rp3.000/orang/hari
  • Rombongan pelajar/mahasiswa mancanegara (minimal 10 orang): Rp100.000/orang/hari

Tarif Aktivitas Wisata

  • Trekking: Rp5.000/orang
  • Pengamatan kehidupan liar: Rp10.000/orang
  • Scuba diving: Rp25.000/orang
  • Snorkeling: Rp15.000/orang
  • Kano: Rp25.000/orang
  • Memancing: Rp25.000/orang

Selain rincian biaya di atas, saat berkunjung ke pulau ini Anda juga akan dikenakan retribusi daerah sebesar Rp50.000 untuk wisatawan domestik.

Fasilitas yang Tersedia

Taman nasional komodo sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari toilet, warung makan bahkan homestay di sekitar lokasi pos penjagaan.

Daya Tarik Pulau Komodo

Informasi Taman Nasional Komodo via Indonesia Baik
Informasi Taman Nasional Komodo via Indonesia Baik

Saat menjelajahi padang savana dan melihat komodo dari kejauhan pengunjung harus ingat jika binatang tersebut berbahaya. Predator tertinggi di rantai makanan ini bisa membunuh mangsanya dengan sekali gigitan.

Komodo merupakan hewan pemakan daging yang juga melumatkan tulang-tulang rusa atau kerbau yang mangsanya. Hewan ini memakan buruannya dengan sekali telan atau melahapnya dalam ukuran besar.

Tak jarang jika kotoran komodo berwarna putih karena mengandung banyak kalsium dari tulang-tulang mangsanya. Komodo merupakan spesies kadal terbesar yang panjangnya bisa mencapai 3 meter dengan berat sekitar 90 kilogram.

Berkeliling Pulau Komodo harus dengan pawang yang mengerti kebiasaan mereka karena gigitan komodo sangat berbahaya. Terluka sedikit saja, bakteri di mulut komodo akan membunuh mangsanya dalam hitungan hari. Namun, hiking di pulau dengan ratusan komodo liar tetap aman selama pengunjung taat peraturan.

Seorang pawang akan berkeliling dengan membawa tongkat yang berguna untuk menghalau komodo. Perjalanan berkeliling menempuh waktu sekitar dua jam. Pengunjung akan melihat komodo berbaring malas di sekitar posko penjaga atau lubang-lubang berisi air minum.

Berada di seputaran kepulauan Komodo belum lengkap tanpa singgah di Pulau Pink. Pantai yang jika terkena sinar matahari tersebut berwarna pink karena memiliki banyak pecahan karang berwarna merah.

Selain trekking, kawasan ini terkenal sebagai spot snorkeling. Pengunjung juga kerap singgah di Pulau Pandar untuk hiking dan melihat pemandangan tiga pantainya dari puncak bukit. Opsi lain di kawasan Taman Nasional Komodo adalah snorkeling untuk melihat manta di Pulau Manta atau menyaksikan habitat kelelawar liar di Pulau Kalong.

Kunjungi juga yuk: 14 Tempat Wisata di Manggarai & Sekitar 

Keindahan Pulau Komodo

Keindahan Pulau Komodo via Cruisemapper
Keindahan Pulau Komodo via Cruisemapper

Selain daya tarik hewan langka yang merupakan dinosaurus yang bisa kita sambangi, kita juga akan disuguhkan oleh keindahan kepulauan Komodo yang tiada tara. Berikut ini beberapa pesona keindahan pulau Komodo yang mesti anda ketahui:

1. Keanekaragaman Hayati

Menyapa Komodo via Pesona Travel
Menyapa Komodo via Pesona Travel

Selain menyaksikan keunikan dari penghuni monster liar di alamnya, kita juga akan disuguhkan keindahan dari keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini.

Setidaknya dari situs ksdae.menlhk.go.id, diketahui bahwa di kepulauan Komodo ini kita bisa melihat 277 spesies lain yang hidup di dalamnya.

Untuk fauna yang ada di pulau ini rata-rata berasal dari Asia dan Australia, setidaknya ada sekitar 32 mamalia, 128 burung, dan 37 reptil, tidak cuma itu saja, karena disini juga ada sekitar 25 hewan darat dan burung yang termasuk dalam satwa dilindungi karena jumlah dan penyebarannya terbatas.

Beberapa jenis hewan langka dan bisa dibilang unik yang hidup di pulau ini diantaranya adalah kakatua kecil kambul kuning, Blue white lipperd pit viper, pari manta raksasa, kuda liar, banteng liar, rusa, babi hutan jantan, ular, kera, dan berbagai jenis burung.

Ekosistem dalam pulau komodo juga sangat beragam mulai dari ekosistem padang lamun, hutan mangrove dan terumbu karang.

2. Spot Diving Terbaik

Wonderful Pulau Komodo via Dampangsalenrang
Wonderful Pulau Komodo via Dampangsalenrang

Indonesia Timur memang terkenal dengan keindahan wisata baharinya tiada duanya. Keindahan laut dan bawah lautnya begitu menggoda, tidak terkecuali di Kepulauan Komodo.

Nah, rugi rasanya kalau sudah mengunjungi pulau Komodo akan tetapi tidak menikmati keindahan bawah lautnya yang super indah.

Menurut situs dari Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif, Pulau Komodo adalah satu satu spot diving terbaik di Indonesia.

Bahkan, pulau ini menjadi jantungnya terumbu karang Asia Pasifik, sehingga sangat wajar sekali kalau pemandangan bawah laut di pulau komodo ini sangat indah.

Dari data di situs ksdae.menlhk.go.id, menyebutkan bahwa ada sekitar 253 terumbu jenis karang dan 1000 spesies ikan di bawah laut pulau komodo, menjadikan pulau ini memiliki keanekaragaman hayati yang sangat lengkap.

3. Toko Toko

 Berikutnya, ada objek menarik yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu sebuah istana batu dalam air yang bernama Toko Toko. Anda bisa menjumpai Istana batu ini pada kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut.

4. Batu Samsia

Snorkeling di Pulau Komodo via miner8
Snorkeling di Pulau Komodo via miner8

Selain istana batu, ada juga batu samsia yang tidak kalah menarik untuk kita sambangi. Baru samsia ini menjadi salah satu spot menyelam favorit. Di batu samsia ini wisatawan dapat menyusuri saluran air dan dapat berinteraksi dengan kura-kura, hiu, dan beragam ikan lainnya.

5. Crystal Rock

Berikutnya ada juga crystal rock yang menjadi spot menyelam yang tidak kalah rekomended. Crystal rock ini berada pada kedalaman 5 mdpl. Disini wisatawan dapat menjumpai katak ikan, barramundi cod, parrotfish, dan aneka jenis ikan lainnya.

6. Pink Beach

Wisata Taman Nasional Pulau Komodo via Wikipedia
Wisata Taman Nasional Pulau Komodo via Wikipedia

Pulau komodo ini juga punya pink beach yang cantik banget lho. Pantai dengan pasir berwarna merah mudah ini terbentuk karena adanya serpihan koral yang hancur dan bercampur dengan pasir pantai.

Penginapan di Wisata Pulau Komodo

Kurang lengkap rasanya kalau liburan ke pulau komodo tapi tidak menginap, tentu liburan kita belum lengkap, karena 1 hari rasanya bisa kurang untuk mengeksplore seluruh spot menarik di pulau komodo ini.

Nah, anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak penginapan di pulau komodo yang siap kita jadikan tempat bermalam yang menyenangkan. Berikut ini beberapa penginapan terbaik di Pulau Komodo yang bisa anda pertimbangkan:

1. Kanawa Resort

Penginapan di pulau komodo yang pertama adalah kanawa resort yang ada di Pulau Kanawa, Pasir Putih Komodo, Manggarai Barat, Labuan Bajo.

Untuk menginap di kanawa resort ini wisatawan cuma perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp770.001. Di  penginapan ini ada kamar dengan fasilitas dua ranjang twin atau 1 ranjang ukuran besar, dan kamar mandi pribadi. Wisatawan juga bakal mendapatkan berbagai fasilitas penunjang serta sarapan gratis.

2. Boat Charter KM. Caroline

Penginapan di Kepulauan Komodo selanjutnya adalah Boat Charter KM. Caroline. Disini kalian bisa bermalam dengan mengeluarkan budget yang lumayan, yaitu sekitar Rp7.500.001/kamar/malam.

Di Boat Charter KM. Caroline ini akan mendapatkan fasilitas berupa kamar tidur dua kasur atau satu kasur besar, perlengkapan kamar mandi, air minum kemasan, dan sarapan gratis.

3. XPirates Driver Camp

Ada juga XPirates Driver Camp yang bisa kalian pilih untuk bermalam. Untuk menginap disini kalian cukup mengeluarkan budget mulai dari Rp275.000/kamar/malam. Untuk fasilitasnya mulai dari perlengkapan kamar mandi, balkon/teras, kamar tidur, sarapan gratis, WiFi gratis, dan fasilitas lainnya.

4. Komodo Resort

Rekomendasi penginapan di pulau komodo yang terakhir dari kami adalah komodo resort. Disini anda akan disuguhkan berbagai fasilitas mulai dari tempat tidur, kamar mandi, AC, air minum kemasan, WiFi gratis, sarapan gratis, dan fasilitas lainnya. Untuk bermalam di komodo resort ini kalian cukup mengeluarkan budget Rp3 juta – Rp4 juta per malamnya.

*              *              *               *                *

Demikianlah ulasan mengenai wisata pulau komodo yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan untuk anda dan keluarga atau pasangan tercinta. Liburan ke kepulauan komodo ini akan memberikan sensasi yang berbeda dan tak terlupakan.

Kunjungi juga: 18 Tempat Wisata di Manggarai Timur

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *