16 Pemandian Air Panas di Bandung, Tiket, Wahana, Daya Tarik, Fasilitas

  • Bagikan

Pemandian air panas di Bandung bisa menjadi alternatif tempat rekreasi saat akhir pekan atau musim liburan tiba. Banyak wisatawan memilih pemandian air panas sebagai tempat rekreasi karena selain mengembalikan kebugaran tubuh, juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Bandung selama ini mungkin terkenal dengan alamnya yang indah serta berbagai wahana modern-nya yang memanjakan keluarga untuk liburan.

Namun ternyata tidak hanya itu saja, karena ada banyak pemandian air panas di Bandung dan sekitarnya yang alami dan memiliki berbagai wahana permainan lengkap yang bisa menghibur wisatawan yang datang

Pemandian Air Panas di Bandung

Bandung selain dikenal kota fashion dengan sebutan ‘Paris van Java’ ternyata juga dikenal sebagai daerah kolam air panas terbanyak di Indonesia. Berikut tempat pemandian air panas di Bandung ini sangat cocok untuk anda dan keluarga:

1. Ciwidey Lembah Waterpark Resort Yang Paling Lengkap

Ciwidey Lembah Waterpark Resort Yang Paling Lengkap
Ciwidey Lembah Waterpark Resort Yang Paling Lengkap

Informasi lebih lanjut: www.ciwideyvalley.com
Harga: Rp 20.000 – Rp 50.000

Alamat: Jl raya batutunggul, Ciwidey KM 17, Alamendah, Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat-Indonesia
Hubungi no .: +62 819-1057-2241 / + 62 22 95920222

Ciwidey Lembah Waterpark Resort dikonsep dengan art hot tub international yang menjadi favorit banyak wisatawan. Areanya sangat luas dengan taman-taman dan cottage yang unik.

Air panas di Ciwidey juga berasal sumber mata alami pegunungan. Selain menjadi tempat hiburan, tempat ini juga sangat cocok untuk merefleksikan badan dan kesehatan. Di sini juga disediakan beragam penginapan sehingga anda bisa meluangkan waktu yang banyak menikmati kesegaran pemandian air panas.

Jadi, agar liburan anda lebih berkesan anda juga bisa menginap di Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort setelah  berendam air panas disini seharian dengan puas.

Selain mandi air panas yang asyik, disini kalian juga bisa menikmati berbagai fasilitas seru waterpark dan resort. Anak-anak pasti suka bermain air disini.

Dengan udara yang sejuk dan segar bakal membuat liburanmu tambah menyenangkan, hal ini tentu karena pepohonan yang tumbuh subur dan masih asri.

Kunjungi juga: 12 Waterboom di Bandung

2. Gracia Spa Resort, Berasa di Negeri Dongeng

Gracia Spa Resort, Berasa di Negeri Dongeng Foto by @cherculis06
Gracia Spa Resort, Berasa di Negeri Dongeng Foto by @cherculis06

Informasi lebih lanjut: www.graciaspa.com
Harga: Rp60.000 (weekdays) atau Rp75.000 (weekend)
Alamat: Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater, Lembang, Indonesia
Hubungi no .: +62 817-219-997 | +62 811-221-9997

Gracia Spa Resort merupakan salah satu komplek spa terbaik di Bandung. Resor ini tampak seperti gambaran dari cerita dongeng Enid Blyton.

Keindahan dan keramahan alam sangat terjaga di sini. Anda juga bisa memesan kolam air panas pribadi sehingga bisa menikmatinya secara maksimal dan privasi

Di sini kalian bisa menikmati 3 buah kolam pemandian air panas yang disediakan untuk orang dewasa dan juga 1 kolam pemandian untuk anak-anak.

Berbagai fasilitas pendukung pemandian air panas disini terbilang sangat lengkap, ada berjejer pepohonan yang tumbu subur sehingga memberikan udara yang fresh dan menyejukkan.

Selain itu, tersedia juga kursi-kursi berpayung yang berjejer di tepi kolam untuk digunakan bersantai para wisatawan yang datang kesini.

Selain itu, Gracia Spa Resort juga memiliki fasilitas kantin, ruang mandi, hingga ruang spa juga tersedia resort untuk anda yang mau menginap.

Air panas di Gracia Spa Resort ini bersumber dari alam, lebih tepatnya dari Gunung Tangkuban Perahu, air panas alami ini berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit kulit.

3. Sari Ater Hotel & Resort Yang Terfavorit

Sari Ater
Sari Ater via Visit-halal.com

Informasi lebih lanjut: www.sariater-hotel.com 

Harga: Rp 14.000 – Rp 75.000. Gratis untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun.
Alamat: Jl. Raya Ciater Subang, Lembang, Bandung, Indonesia
Hubungi no .: 082218185111

Jika anda bertanya pemandian air panas favorit di sekitar Bandung, maka banyak orang yang menjawab Sari Ater di Lembang. Begitulah ketenaran tempat ini sejak lama.

Resor ini nyaman dalam melayani tamu mereka setia dengan semua hal yang baik. Kolamnya juga sangat luas seperti kolam berenang pada umumnya. Hanya saja semua serba panas dan ada juga tempat penginapan keluarga, personal mulai dari harga murah sampai mahal. Di sini juga banyak fasilitas tempat anak.

Cek juga yuk: 22 Kolam Renang di Bandung

4. Ciater Spa dan Resort, Tempat Alternatif Pengobatan Sakit Kronis

Ciater Spa dan Resort, Tempat Alternatif Pengobatan Sakit Kronis Foto by @awan_w98
Ciater Spa dan Resort, Tempat Alternatif Pengobatan Sakit Kronis Foto by @awan_w98

Informasi lebih lanjut: www.ciatersparesort.net
Harga: Rp 35.000 (weekdays) Rp 50.000 (weekend). Gratis untuk anak-anak berusia 5 tahun di bawah ini.
Alamat: Jl. Raya Ciater-Subang, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat (10 menit dari Tangkuban Perahu)
Hubungi no .: +62 260 470351-55

Kalau tempat yang satu ini sangat dikenal sebagai tempat wisata kesehatan terbaik. Areanya sangat eksotis dalam melihat pemandangan perkebunan teh Ciater.

Bagi mereka yang mencari pengobatan alternatif untuk sakit kronis, Ciater Spa dan Resort mungkin hanya menjadi tempat untuk Anda. Bahkan ada pusat rehabilitasi dengan tim fisioterapi berkualitas yang berjanji untuk menyembuhkan penyakit fisik dengan menggabungkan penggunaan hidro, terapi listrik dan magnet.

Sebagai bagian dari terapi, tamu dan pasien didorong untuk mencelupkan ke dalam terkenal obat ‘Kunang-Kunang’ dan ‘Kiara’ spring pool termal untuk pengalaman retret kesehatan utama.

Selain kolam pemandian air panas, disini juga punya fasilitas yang terbilang mulai dari wahana outbound, trekking ,kolam pancing, restoran, spa, hingga hotel dan resort.

5. Ciater Hot Spring, Ratunya Pemandian Air Panas Alami

Ciater Hot Spring
Ciater Hot Spring

Harga: Rp 20.000 (weekdays) Rp 75.000 (weekend). Gratis untuk anak-anak berusia 5 tahun di bawah ini.
Alamat: JJalan Raya Ciater, Ciater , Ciater , Subang , Jawa Barat , Indonesia

Ciater sangat terkenal sebagai darah pemandian air panas untuk wisatawan dan penduduk lokal yang sama. Terletak antara Bandung dan Subang, mata air berasal dari Tangkuban Perahu.

Namun, nama tempat Ciater ini paling dikenal sebagai tempat favorit dan terlengkap. Jika Anda menderita penyakit kulit atau bahkan rematik, Anda pasti dalam untuk mengobati baik kolam renang sulfat ini dikenal memiliki sifat penyembuhan. Jika anda ingin refreshing dan mencari hiburan di sini juga tempatnya yang luas dan indah.

Kunjungi juga: 16 Pantai di Dekat Bandung

6. Ciwalini Hot Spring, Memadukan Air Panas Dengan Kebun Teh

Ciwalini Hot Spring, Memadukan Air Panas Dengan Kebun Teh via IG @erisurtiningsih
Ciwalini Hot Spring, Memadukan Air Panas Dengan Kebun Teh via IG @erisurtiningsih

Ciwalini Hot Spring
Harga: Rp 20.000 gratis sachet teh Walini untuk setiap pengunjung. Parkir Rp3.000 (motor) atau Rp5.000 (mobil)
Alamat: Jalan Raya Rancabali-Ciwidey

Ciwalini Hot Spring terletak di kaki perkebunan teh Ciwidey. Di sini anda akan terkesima dengan pemandangan kebun teh yang segar da dingin saat malam harinya. Tapi anda tetap terasa hangat karena keberadaan kolam air panas ini.

Diselimuti kabut embun dan uap dari air panas, Ciwalini adalah tempat paling memikat wisatawannya. Anda juga bisa menikmati  teh Walini yang terkenal dan dihasilkan dari perkebunan teh di dekatnya.

Pemandian air panas ini letaknya ada di PT Perkebunan Nusantara, lokasi tepatnya sebelum Situ Patenggang atau sesudah Taman Wisata Alam Cimanggu.

Kalian bisa datang bersama anak-anak untuk menikmati waktu liburan disini, karena ada kolam untuk orang dewasa dan kolam untuk anak-anak.

Selain itu, kalau anda mau yang lebih privat, bisa mencoba kolam pemandian air panas VIP. Agar liburan tambah menyenangkan, sudah disediakan warung makan, musala, dan berbagai wahana outbound untuk wisatawan.

7. Cimanggu Hot Spring, Terapi Air Seperti Burung Hantu

Cimanggu Hot Spring, Terapi Air Seperti Burung Hantu
Cimanggu Hot Spring, Terapi Air Seperti Burung Hantu

Cimanggu Hot Spring
Harga: Rp 16.000 (weekdays) dan Rp 24.000 (weekend)
Alamat: desa Patengan, Rancabali, Bandung
Hubungi no .: +62 22 5895643

Terletak di 1.100 meter di atas permukaan laut, Cimanggu menawarkan pemandangan bukit-bukit dengan udara segar. Terbuka selama 24 jam membuat sebuah situs populer di kalangan larut malam wisatawan.

Benar-benar gelap dan ramai seolah anda menjadi burung hantu yang mandi di keramahan malam. Udaranya sangat dingin namun semua seimbang ketika anda berenang di sini. Agar lebih nyaman, anda bisa berendam di air panas yang VIP.

Pemandian air panas ini di sekelilingnya ditumbuhi oleh berbagai pepohonan yang membuat suasana disini sejuk. Akan semakin asyik lagi rekreasi kesini karena berbagai fasilitas dan wahana yang sangat lengkap, mulai dari arena permainan anak, taman kelinci, dan area outbound. 

8. Sabda Alam Resort Berasa di Venice

Sabda Alam Resort Berasa di Venice
Sabda Alam Resort Berasa di Venice

Sabda Alam Resort
Harga: Rp 50.000 (weekdays) dan Rp 75.000. Gratis untuk anak-anak di bawah 80 cm.
Alamat: Jalan Raya Cipanas No 3, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat 44151. 30 km dari Kota Bandung
Telp: +62 262 550054

Anda pernah mendengar Venice, Italia? Ya, ternyata tempat itu juga berada di Sabda Alam Resort. Konsepnya seperti kolam hiburan namun airnya panas. Di sini terdapat ‘slider booming’ di ketinggian 12 meter.

Jika Anda berencana tinggal di sini, anda dapat mendayung sampan untuk kamar Anda karena cottage Sabda Alam Resort dibangun di atas air.

Pemandian ini terpaut sekitar 30 km dari kota Bandung, jadi tidak heran kalau pemandian air panas di Garut ini menjadi salah satu destinasi wisata warga Bandung dan sekitar.

Kunjungi juga: 18 Curug di Bandung

9. Puncak Darajat, Puncaknya Air Panas Terindah

Puncak Darajat, Puncaknya Air Panas Terindah via Kompasiana
Puncak Darajat, Puncaknya Air Panas Terindah via Kompasiana

Informasi lebih lanjut: www.puncakdarajatgarut.com
Harga: Rp 20.000 (weekdays), Rp 24.000 (weekend)
Alamat: Jalan Raya Darajat Km 25, Pasirwangi, Garut
Hubungi no .: + 6281313031114

Cara terbaik untuk menghangatkan hati dan tubuh dalam cuaca dingin adalah untuk berendam di kolam panas. Terlebih lagi sambil menikmati pemandangan yang indah nan luas dari atas puncak.


Dibangun di puncak Darajat, Puncak Darajat mungkin adalah paling tampan hot spring pool yang ada di Garut. Diselimuti kabut dengan luas pegunungan Cikuray sebagai latar belakang Anda. Di sini juga terdapat hotel, restoran yang unggul dan bervariasi.

10. Air Panas Cibolang, Surganya Air Panas di Daerah Terpencil

Pemandian Air Panas Cibolang
Pemandian Air Panas Cibolang

Air Panas Cibolang
Harga: Rp 12.000 – Rp 24.000. parkir Rp3.500 (motor) atau Rp10.000 (mobil)
Alamat: Desa Wanasuka, Pangalengan, Jawa Barat

Harga tiketnya juga murah. Setiap akhir pekan kolam ini sangat ramai dikunjungi banyak wisatawan. Di sekitarnya juga terdapat penginapan degan harga yang beragam

Pemandian air panas ini sudah ada sejak tahun 1985 silam, lokasinya ada di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangelengan. Dan pada sekitar tahun 1990 direnovasilah tempat ini, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas  tambahan.

Pemandian Air Panas Cibolang ini berdiri di atas lahan 2 hektar ini letaknya ada di ketinggian 1.450 mdpl. Jadi tempat rekreasi ini sangat lengkap, selain mandi air panas anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan alam khas dataran tinggi.

11. Pemandian Air Panas Maribaya

VIP Hot SPring Maribaya Natural Resort
VIP Hot Spring Maribaya Natural Resort

Harga: Rp75.000 – Rp150.000 per orang (tergantung jenis kolam)
Alamat: Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Lembang

Rekomendasi pemandian air panas di Bandung berikutnya adalah Hot Spring Maribaya Natural Resort yang terletak di Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Lembang.

Ada cerita unik yang melatari nama dari pemandian air panas ini. Dahulu, konon dikisahkan ada wanita yagn sangat cantik yang bernama Maribaya dan ayahnya bernama Raksa Dinata.

Ayah dari Maribaya ini membuat membuat sumber air panas dengan kandungan belerang yang bertujuan agar melindungi sang anak Maribaya dari para pemuda yang memperebutkan anaknya.

Sang ayah tersebut sudah mengelola air panas ini dari tahun 1835 dan diwariskan kepada sang anak ketika ayahnya meninggal, dan pemandian tersebut masih ada hingga kini.

Sama seperti air panas lainnya, air panas di Maribaya ini juga berkhasiat dapat mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Selain kolam pemandian, Hot Spring Maribaya Natural Resort ini juga punya fasilitas pendukung lainnya mulai dari restoran, kolam pancing, dan glamping tent.

Mampir juga ke: 26 Tempat Ngopi di Bandung

12. Pemandian Air Panas Kampung Cai

Pemandian Air Panas Kampung Cai via IG @rezqiaqilan
Pemandian Air Panas Kampung Cai via IG @rezqiaqilan

Harga: Rp 15.000
Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Rancabali, Bandung

Selanjutnya, untuk kalian yang mau liburan ke pemandian air panas di Bandung, kalian bisa mengunjungi Pemandian Air Panas Kampung Cai yang alami.

Pemandian air panas alami ini cocok sekali untuk kalian jadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga tercinta.

Pemandian Air Panas Kampung Cai ini sendiri masih dalam area Ranca Upas, yang memang sudah dikenal sejak dahulu sebagai area camping serta penangkaran rusa.

Di Pemandian Air Panas Kampung Cai ini juga menyediakan fasilitas dan wahana permainan seru untuk lho untuk rekreasi mulai dari flying fox, paintball, camping groundserta melihat penangkaran rusa dari dekat dan lainnya.

Agar lebih seru lagi, kalian bisa camping disini, anda tidak perlu sudah payah membawa peralatan camping, karena pengelola wisata Kampung Cai Ranca Upas sudah menyediakan berbagai peralatan kemah untuk wisatawan.

Kalian tertarik mengunjung pemandian air panas di Bandung yang satu ini? Langsung saja menuju ke TKP di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Rancabali, Bandung.

13. Kolam Air Panas Emte Highland Resort

Kolam Air Panas Emte Highland Resort
Kolam Air Panas Emte Highland Resort

Harga: Rp 15.000
Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Rancabali, Bandung

Buat kalian yang mau rekreasi di sekitar Cieidey, kalian juga bisa mengunjungi kolam Air Panas Emte Highland Resort yang letaknya dekat dengan objek wisata Kawah Putih Ciwidey.

Lokasi pemandian kolam Air Panas Emte Highland Resort ini ada di Jalan Raya Ciwidey, Rancabali KM 11. Untuk berendam di kolamnya kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 saja.

Oh ya, namanya juga resort, disini ada banyak fasilitas dan wahana hiburan untuk wisatawan, selain kolam pemandian air panas juga ada wahana arung jeram, ATV, paintball, outbound, hingga area berkemah dan yang pasti juga penginapan yang tidak kalah cozy untuk bermalam.

14. Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong

Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong via IG @syahdian12
Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong via IG @syahdian12

Harga: Rp 5.000
Alamat: Jalan Nagrak Kulon Sukajaya, Lembang

Rekomendasi pemandian air panas di Bandung selanjutnya adalah Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong. Pemandian air panas ini termasuk masih sepi pengunjung karena memang belum terlalu dikenal.

Cocok untuk anda sambangi bersama keluarga, terutama yang mau suasana yang lebih tenang dan sepi. Pemandian air panas ini bisa dibilang unik dengan air terjun mini di atasnya.

Air panas di Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong ini kabarnya berasal dari gunung tangkuban perahu. Untuk menunjang kegiatan liburan wisatawan, pengelola sudah melengkapi pemandian ini dengan berbagai fasilitas mulai dari kamar mandi, musala, dan beberapa warung makan.

Kalau anda tertari liburan kesini, anda bisa langsung saja datang ke Jalan Nagrak Kulon Sukajaya, Lembang.  Jam operasional objek wisata pemandian air panas ini mulai dari 07:00 – 18:00 WIB.

Kunjungi juga: 30 Tempat Instagramable di Bandung

15. Pemandian Air Panas Saguling

Pemandian Air Panas Saguling via IG @syahdian12
Pemandian Air Panas Saguling via IG @syahdian12

Harga: Rp 10.000
Alamat: Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat

Kolam air panas di Pemandian Air Panas Saguling masih sangat sederhana. Tidak ada kolam besar seperti di Pemandian Air Panas Ciwidey atau Ciater. Di sini, kamu akan mendapatkan kamar-kamar sederhana yang di dalamnya berisi bak berkapasitas dua orang.

Di sekitar area pemandian air panas, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri dengan suasana yang tenang. Ada pula sungai-sungai kecil yang semakin menambah nuansa alami.

Jika tertarik mencoba relaksasi di bak air panas ini, kamu bisa datang ke kawasan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Harga tiket masuknya hanya sekitar Rp10.000 per orang. Sangat terjangkau!

Pemandian air panas satu ini mungkin memang terlihat lebih sederhana dibandingkan dengan pemandian air panas lainnya yang ada di Bandung. Tak ada kolam besar, melainkan hanya ada kamar-kamar sederhana yang di dalamnya berisi bak berkapasitas dua orang.

Meski begitu, pemandangan di sini bisa bikin kamu betah sebab lingkungannya sendiri masih sangat asri dengan suasana yang tenang dan hawa yang sejuk. Selain itu, ada juga sungai-sungai kecil yang membuat susananya semakin syahdu.

Jika tertarik berendam air panas di sini, lokasi pemandian air panas Saguling berada di kawasan Kulon, Cipatat, Bandung Barat.

16. Pemandian air panas Kawah Rengganis Cibuni

Pemandian air panas Kawah Rengganis Cibuni via IG @shella_wati99
Pemandian air panas Kawah Rengganis Cibuni via IG @shella_wati99

Harga: Rp 20.000
Alamat: Cibuni, Desa Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung

Rekomendasi pemandian air panas di Bandung yang terakhir yang kami rekomendasikan adalah pemandian air panas kawah rengganis Cibuni.

Pemandian air panas ini terbentuk dari letusan gunung sunda purba, sesuai dengan namanya. Lokasi pemandian air panas ini memang tidak jauh dari letak kawah tersebut.

Dengan suasana yang alami dan asri membuat rekreasi ke pemandian air panas ini sangat menyenangkan dan akan membuat pikiran dan jiwa menjadi fresh kembali.

Lokasi pemandian air panas ini ada di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Selain pemandian air panas, wisatawan juga akan disuguhkan oleh indahnya panorama perkebunan teh yang membentang luas.

Pemandian air panar ini terpaut hanya sekitar 15 menit berkendara dari lokasi objek wisata situ patenggang, letaknya ada di sebelah kiri jalan. Anda bisa menuju ke pemandian air panas ini dengan menggunakan sepeda motor, atau kendaraan roda empat, kemudian dilanjutkan dengan berjalan melewati kampung cibuni.

Oh ya, objek wisata pemandian air panas ini masih dalam kawasan objek wisata Glamping Lakeside Rancabali,  sehingga untuk tiket masuknya anda bisa pakai tiket terusan, atau dengan membeli tiket masuk Rp 20.000.

*             *            *             *             *

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi Pemandian Air Panas Bandung yang menarik untuk kita kunjungi sebagai tempat rekreasi bersama keluarga atau pasangan ketika musim liburan tiba, semoga bermanfaat ya.

Jangan lupa untuk berbagai pengalaman dengan wisatawan lainnya, sampaikan di kolom komentar di bawah ya.

Kunjungi juga: 37 Tempat Makan di Bandung 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *