10 Tips Wisata di Bali Agar Liburan Seru Maksimal dengan Budget Minimal

  • Bagikan

Tips Wisata di Bali – Kita tahu bahwa Bali adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, ada banyak sekali wisatawan baik lokal maupun mancanegara di tempat tersebut, Bali juga mempunyai banyak sekali tempat tujuan wisata yang menarik. Nah agar liburan anda berjalan lancar ada beberapa hal yang sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu.

Tips Liburan  Wisata di Bali

Berikut ini adalah beberapa persiapan dan tips wisata di Bali yang harus Ada lakukan untuk mendapatkan sensasi liburan di Bali yang nyaman dan juga menyenangkan:

1. Hitung Budget Anda dengan Baik!

Persiapan sebelum ke Bali yang pertama adalah budget. Hitung dengan baik berapa budget yang Anda perlukan selama liburan, jika Anda hendak menggunakan Backpacker, cari tahu berapa biaya yang akan dibutuhkan.Jika menggunakan travel, maka survey secara langsung pada beberapa perusahaan travel, mengenai biaya yang harus dikeluarkan.

Sebaiknya budget yang disiapkan harus lebih, hanya sekedar untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Contoh biaya-biaya yang dibudget untuk Liburan Anda di Bali

  • Biaya Tiket Pesawat PP (Rumah – Bali dan dari Bali – Rumah)
  • Biaya Paket Liburan yang dipilih jika menggunakan Travel
  • Biaya Makanan, Minuman serta Camilan selama liburan di Bali
  • Belanja Oleh-Oleh untuk keluarga di Rumah
  • Biaya komunikasi seperti biaya pulsa dan internet
  • Biaya transportasi ke tempat tujuan wisata (seperti sewa mobil, sewa motor, taxi dan ojek)
  • Biaya masuk objek wisata dan water sport
  • Biaya penginapan, hotel dan villa
  • Biaya tidak terduga lainnya

2. Siapkan RENCANA PERJALANAN Anda dengan Matang!

Anda juga dapat merencanakan akan menggunakan transportasi seperti apa?

Apakah akan menggunakan mobil pribadi, pesawat, atau cara lainnya.

Anda juga perlu memikirkan rencana ketika berada di Bali apakah sebaiknya menyewa motor atau mobil, untuk mempermudah transportasi selama berada di Bali.

Saat ini ada banyak sekali tempat yang menyediakan rental motor atau mobil di Bali.

Anda juga dapat merencanakan dimana anda akan menginap di Bali?

Khusus pertanyaan yang seperti ini kami menawarkan solusi yang terbaik untuk anda yaitu sebaiknya anda sewa villa di Bali.

Menyewa penginapan seperti sebuah villa di Bali akan menambah kenyamanan anda dalam berlibur di Bali.

Contoh Rencana Perjalanan 3 Hari 2 Malam di BaliHARI PERTAMA

  • Kedatangan di Bandara Ngurah Rai
  • Sarapan Pagi (Nasi Campur, Nasi Padang atau Fast Food)
  • Check In di Hotel atau di Villa
  • Ke Pantai Pandawa atau Ke Pantai Padang Padang
  • Balik ke Villa dan acara bebas (mandi di kolam renang, makan malam dsb)
  • Istirahat

HARI KEDUA

  • Bermain water sport di Pantai Tanjung Benoa
  • Lanjut ke Dremanland Beach di Jmbaran
  • Menikmati Sunset di Uluwatu
  • Ke pantai Jimbaran untuk dinner seafood

HARI KETIGA

  • Breakfast di Villa
  • Menuju Pantai Kuta Bali
  • Menuju Pusat Oleh oleh khas Bali (di Erlangga, Krisna ataupun Pasar Sukawati)
  • Chek Out dari Hotel atau Villa menuju Bandara

3. Buat List Rencana OBJEK WISATA di Bali yang akan Anda Dikunjungi!

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah merencanakan objek wisata di Bali yang akan dikunjungi.

Anda dapat mencari tahu di beberapa web atau di beberapa buku tentang lokasi wisata bali yang menarik, atau Anda dapat menggunakan jasa travel untuk mempermudah mengunjungi beberapa objek wisata yang akan dikunjungi.

Keunggulan ketika Anda menggunakan travel adalah, Anda tidak perlu pusing untuk mengatur berbagai macam hal.

Anda hanya cukup membayar sesuai dengan harga yang sudah disepakati, maka pihak travel yang akan mengurus masalah objek wisata yang akan dikunjungi, makanan yang akan disantap, transportasi, akomodasi,dll.

4. Anda juga perlu memikirkan siapa saja yang akan diajak Berwisata BERSAMA Anda!

Anda juga perlu memikirkan siapa saja yang akan diajak berwisata kali ini.

Jika Anda mengajak anak-anak maka pikirkan juga apakah wisata yang akan dikunjungi kali ini aman untuk anak-anak atau tidak. Tidak ada salahnya untuk mencari lokasi wisata yang tentunya disukai oleh anak-anak.

Jika yang akan kita ajak adalah orang tua, ada baiknya jika objek wisata yang akan dikunjungi tidak terlalu jauh, mengingat usia atau kesehatan dari orang yang akan diajak.

5. Siapkan pakaian dan peralatan YANG PERLU akan Anda bawa!

Ini adalah hal yang paling penting.

Bali tentu terkenal dengan udara yang panas, oleh sebab itu gunakan jenis pakaian yang simple, dan tentunya dapat menyerap keringat.

Gunakan celana dari bahan katun, agar memudahkan Anda beraktifitas.

Jika salah satu tujuan Anda adalah pantai, tidak ada salahnya untuk menyiapkan baju pantai atau bikini. Jaket juga dapat Anda bawa, sekedar untuk berjaga-jaga. Sepatu dan sandal juga sebaiknya dibawa untuk acara jalan-jalan. Hal yang tentunya tidak boleh lupa ketika berada di Bali adalah sun block agar kulit Anda tidak terbakar matahari!

Dengan melakukan persiapan sebelum ke Bali dengan baik, akan membuat anda merasa nyaman selama perjalanan dan juga selama berlibur di Bali.

6. Waktu Terbaik Liburan Ke Bali

Berwisata ke Bali juga memiliki waktu-waktu terbaiknya lho, jadi kita sebaiknya jangan ke Bali pada waktu-waktu tertentu. Dan untuk waktu yang sebaiknya anda hindari liburan ke Bali kita kategorikan dalam 2 kriteria, yakni:

  • Saat musim hujan.
  • Sat musim ramai di Bali.

Hindari Musim Hujan

Sebisa mungkin anda jangan liburan ke Bali ketika sedang musim hujan. Meski memang, Pulu dewata Bali sendiri bisa kita kunjungi, bahkan bisa dibilang mengunjungi Bali adalah momen terbaik yang mungkin kita lakukan di dalam hidup, kita bisa mengunjungi Bali ini kapan saja sepanjang tahun.

Namun, saran dari kami, sebaiknya anda mengunjung Bali pada rentang waktu musim kemarau yang terjadi pada bulan April – September, sama dengan wilayah lain di Indonesia, dimana pada bulan April – September sangat jarang sekali turun hujan di pulau Bali, namun hanya terjadi sesekali saja.

Meski bukan tanpa resiko, jika anda mengunjungi Bali ketika musim kemarau, tentu saja udara jadi lebih panas dan ketika main di area terbuka seperti pantai, membuat kulit anda menjadi terbakar, maka dari itu kami sarankan agar anda membawa sun Block.

Hindari Berlibur Saat Musim Ramai

Waktu yang sebaiknya anda hindari juga ketika merencanakan akan liburan wisata di Bali adalah jangan berkunjung ketika sedang musim ramai liburan.

Biasanya musim liburan yang ramai (high seasons ) akan mengakibatkan harga-harga menjadi naik, kalau ini sesuai dengan kurva permintaan dan penawaran, semakin banyak permintaan maka penawaran akan naik, begitu juga di Bali, jika wisatawan yang datang terlalu ramai maka tarif hotel, makanan, sewa kendaraan bahkan tiket pesawat akan melambung tinggi.

Bahkan kenaikan harga-harga di Bali ini mencapai 25% – 40 % daripada harga pada bukan hari-hari high seasons di Bali.

Jadi, kapankah musim high seasons di Bali? Musim high seasons di Bali ini biasanya terjadi pada bulan Juni – Juli (musim liburan sekolah), bulan Agustus (musim liburan warga negara asing), bulan Desember – awal Januari (musim liburan natal dan tahun baru).

Berkunjung pada high seasons di Bali akan membuat pengeluaran menjadi meningkat, untuk anda yang ingin mencari liburan murah di Bali, sebaiknya menghindari pada waktu-waktu tersebut, namun jika anda tidak mengalami masalah dengan hal tersebut, maka datang pada saat high seasons di Bali tentu bukan masalah.

Sebenarnya, musim high seasons di Bali ini bukan hanya berpengaruh pada harga-harga saja, melainkan juga keramaian wisatawan yang biasanya akan mengakibatkan kemacetan, terutama berbagai objek wisata dan jalanan di kawasan Bali Selatam.

Namun jika anda tetap ingin berkunjung ke Bali pada musim high seasons, sebaiknya anda menyewa jasa sewa mobil plus supir agar anda dan rombongan bisa tidur ketika terjadi kemacetan, jadi anda tidak akan kecapekan karena harus bermacet-macetan selama di perjalanan.

7. Memilih Kawasan Penginapan

Liburan ke Bali tentu kurang puas rasanya kalau hanya sehari saja, maka mencari tempat menginap menjadi salah satu hal yang wajib anda pertimbangkan sebelum berlibur ke Bali.

Untuk menentukan tempat menginap, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu objek wisata di Bali mana saja yang akan anda kunjungi, sehingga tempat menginap di Bali anda bisa anda tentukan setelah itu.

Biasanya, wisatawan yang baru liburan di Bali akan memilih destinasi wisata Bali Selatan sebagai tujuan liburan mereka, wisatawan biasanya akan mengunjungi pantai kuta yang merupakan ikon wisata Bali.

Sebaiknya anda memilih tempat menginap di Bali selain karena lokasinya yang dekat dengan tempat wisata, dengan fasilitas yang memuaskan juga sesuai dengan budget yang akan anda alokasikan.

Mencari Hotel Murah Di Kuta

Nah untuk anda yang mencari hotel budget di Kuta, maka anda sebaiknya pergi ke sekitar Jalan Three Brothers, Gang Poppies (1 dan 2), Gang Puspa Ayu, Jalan Raya Tuban atau Jalan Bakung Sari. Disini penginapannya terbilang cukup murah, bahkan ada yang di bawah Rp 300.00 per malamnya.

Bahkan untuk anda yang misalnya mau agak bersusah sedikit, anda bisa berjalan sedikit ke dalam gang-gang kecil yang ada di  jalan raya Tuban dan jalan raya Kuta, disana ada banyak hotel, penginapan bahkan kost-kostan yang budgetnya sangat minimalis, kurang dari Rp .150.000.

Rekomendasi di atas tentu saja menjadi solusi untuk anda yang mencari hotel dan penginapan murah di Kuta. Namun jika anda  tidak memiliki masalah dengan budget yang agak lumayan mahal, maka anda bisa menemukannya dengan mudah di dekat area wisata.

Jangan lewatkan juga:  5 Hotel Unik di Bali untuk Bulan Madu & Liburan

Penginapan yang Jauh Dari Keramaian

Untuk anda yang kurang suka dengan tempat-tempat yang terlalu ramai, maka anda bisa mencari berbagai hotel dan tempat menginap di tempat-tempat yang jauh dari keramaian.

Anda bisa mencari penginapan di daerah wisata sanur atau nusa dua yang akan menawarkan suasana yang lebih tenang dan tidak terlalu ramai.

Di kawasan pantai sanur dan nusa dua juga memiliki banyak hotel yang berdiri di sekitar pantai dengan keindahan yang memukau.

Selain yang di tepi pantai anda juga bisa mencari yang tidak di tepi pantai dengan harga yang lebih murah tentunya.

Selain kawasan sanur dan nusa dua, anda juga bisa menginap di daerah Ubud atau Gianyar, disini anda bisa menemukan berbagai objek wisata alami yang masih asri dengan pemandangan sawah atau sungai yang masih terjaga kealamiannya.

Berbeda dengan sanur dan nusa dua, Gianyar dan Ubud tidak menawarkan wisata pantai, melainkan wisata dengan pemandangan alam berupa taman safari, kebun binatang, wisata budaya, sawah terasering Tegalalang dan aktivitas olahraga air seperti Ayung rafting Ubud.

Kunjungi juga: 30 Air Terjun di Bali

Menginap Di Bali Utara

Bali sejati memiliki objek wisata menarik di semua daerahnya, tidak terkecuali Bali Utara, ada banyak objek wisata di Bali Utara yang keren untuk kita sambangi, khususnya wisata yang ada di daerah Buleleng, ada banyak tempat wisata di Buleleng yang menarik untuk kita kunjungi.

Salah satu spot wisata yang keren dan dekat dengan objek wisata lain di Bali Utara adalah pantai Lovina. Anda bisa menemukan banyak hotel dan penginapan murah di sekitar pantai Lovina, namun tentu saja, karena lokasinya yang jauh dari Bandara Ngurah Rai membuat penginapan dan hotel di sekitar pantai Lovina ini menjadi pertimbangan.

Dari pantai ini, butuh waktu sekitar 3 jam untuk bisa sampai ke Bandara Ngurah Rai. Hal ini juga berpengaruh terhadap hotel-hotel yang ada di Bali Utara. Namun jika destinasi wisata yang akan anda kunjungi dominan di Bali Utara, maka tidak ada salahnya kalau anda mencari penginapan di sekitar pantai lovina ini.

Menginap Di Bali Timur

Anda juga bisa mencari penginapan di Bali Timur. Untuk hotel murah dan dan mewah di Bali Timur bisa anda temui di kawasan wisata Candidasa. Kawasan ini juga punya pantai hits di Bali, dan menjadi incaran wisatawan yang pergi berlibur ke Bali.

Cek juga:  7 Hotel Kapsul di Bali

8. Ketahui Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Bali

Tips wisata di Bali berikutnya yang mesti anda persiapkan atau ketahui adalah berbagai harga objek wisata yang akan anda kunjungi.

Hal ini tentu saja akan mengontrol pengeluaran yang akan anda keluarkan selama liburan di Pulau Dewata Bali. Untuk anda yang ingin menyimak berbagai rekomendasi tempat wisata di Bali dan harga tiket masuknya, silahkan klik pada kategori, wisata Bali.

9. Aktivitas Wisata Seru Di Bali

Agar liburan anda lebih maksimal selama di Bali, maka anda harus mengetahui aktivitas apa saja yang harus dilakukan selama berlibur di Bali?

Karena rugi rasanya kalau wisata ke Bali cuma pergi Pantainya saja. Memang sih, liburan ke pantai di Bali menjadi prioritas utama, tapi anda juga harus tahu apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan selain main di pantai.

Berbagai aktivitas seru yang bisa anda lakukan di Bali diantaranya mulai dari aktivitas water sports Tanjung Benoa, rafting di sungai Telaga Waja Karangasem dan sungai Ayung Ubud, dan aktivitas seru lainnya.

10. Tempat Makan Di Bali

Terakhir, tips wisata di Bali agar liburan anda lebih terencana dengan baik adalah memilih tempat makan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

Jangan sampai anda tidak makan dengan nyaman dan enak ketika liburan di Bali. Khususnya untuk teman-teman muslim, sebaiknya anda mencari makanan halal dengan mampir saja rumah makan Padang atau warung jawa atau warung bakso, cafe ikan di Jimbaran dan lain sebagainya.

Dan kalau anda ingin menikmati Makanan Bali sebaiknya anda menanyakan terlebih dahulu apakah mereka menyediakan makanan halal. Karena wisatawan muslim adalah pengunjung terbesar di Bali, maka biasanya restoran di Bali sudah menyediakan berbagai makanan halal khusus pengunjung muslim.

*     *     *     *      *     *

Demikianlah ulasan mengenai tips liburan wisata di Bali yang bisa kami rekomendasikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi agar liburan di Bali anda jadi lebih menyenangkan dan berkesan baik.

Kunjungi juga: Odyssey Submarine Bali

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *