10 Foto Taman Balai Kota Bandung, Tiket, Fasilitas, Daya Tarik, Aktivitas

  • Bagikan

Taman Balai Kota Bandung atau nama lainnya adalah Bandung City Hall Park atau juga memiliki nama lain Taman Dewi Sartika ini menjadi salah satu ruang terbuka hijau yang menyediakan oksigen bagi warga kota Bandung.

Taman yang ada di tengah kota Bandung ini pada mulanya merupakan hutan kota yang memiliki pepohonan yang rimbun dengan usia sampai ratusan tahun.

Taman ini sendiri pernah disebut sebagai taman Dewi Sartika dikarenakan adanya patung sang tokoh pendidikan yaitu Dewi Sartika.

Pada mulanya, gedung balai kota Bandung yang kini berdiri merupakan sebuah koffie pakhuis atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan gudang kopi. Adries de Wilde merupakan owner dari bangunan yang dikenal sebagai tuan tanah dan asisten Residen Priangan.

Sejarah Taman Balai Sartika

Ada banyak taman di kota Bandung. Tapi, satu taman ini termasuk taman paling tua karena sudah ada sejak booming taman di Bandung belum ada. Taman ini dibangun pada tahun 1885 untuk mengenang jasa Asisten Residen Pieter Sijthoff, sang peletak dasar pembangunan kota Bandung.

Taman dengan luas 14.720 meter persegi ini dibangun oleh Dr. R. Teuscher, seorang Botanikus yang tinggal di pojok jalan Tamblong. Ia ditunjuk untuk membangun sebuah taman peringatan di depan Gedung Papak (Balaikota Bandung) yang saat itu menjadi kediaman resmi Asisten Residen Priangan.

Menurut sejarah, sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda, Bandung sudah disiapkan untuk menjadi Tuinstad atau “Kota Taman”.

Saat itu pemerintah Belanda berencana ingin menjadikan kota Bandung sebagai salah satu kota khusus bagi masyarakat Eropa, sehingga pembangunan di kota Bandung ini pun terlihat sangat berbau Eropa.

Maka dari itulah mulai terkenal sebutan Paris van Java, karena seolah kota Paris di Eropa seperti ingin dipindahkan ke Bandung.

Dalam fungsinya yang telah direncanakan oleh pihak pemerintah kolonial waktu itu, taman bagi Kota Bandung tak hanya sebagai paru-paru kota atau ruang terbuka hijau (RTH), tetapi juga memiliki nilai artistik, tempat berteduh dan pembelajaran bagi yang mengunjunginya. Dan, salah satu taman tersebut adalah taman yang sedang dibicarakan ini.

Berada di antara dua jalan protokol di ibu kota Jawa Barat, yaitu jalan Merdeka dan jalan Wastukencana. Kalau Anda ke sana, pintu masuk utamanya ada di jalan Wastukencana. Di dalamnya kita bisa puas menikmati rindangnya pepohonan yang tertata rapi dan indah. Beberapa monumen terdapat di dalam pekarangan taman ini.

Meski banyak orang menyebutnya dengan sebutan “Taman Balai Kota Bandung”, sebenarnya taman ini punya nama sendiri. Namanya , yaitu Taman Dewi Sartika.

Sebagai penghormatan terhadap pahlawan wanita asli Bandung itu, di taman ini ada patung Dewi Sartika. Patung ini diresmikan pada 4 Desember 1996. Mulai hari itulah taman tersebut diubah namanya menjadi Taman Dewi Sartika.

Selain patung Dewi Sartika juga patung badak putih sebagai simbol kota Bandung. Menurut legenda, di Bandung banyak ditemui binatang khas Jawa Barat tersebut. Meski keberadaan hewan tersebut semakin langka, namun patungnya bisa mengingatkan keberadaannya di masa lalu.

Kunjungi juga: 18 Curug di Bandung

Alamat Taman Balai Kota Bandung

Letak taman yang ada di jantung kota Bandung sangat mudah sekali untuk dijangkau. Anda bisa menuju ke taman ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Lokasi taman balai kota Bandung ini ada di jalan Wastukencana Babakan Ciamis, lebih tepatnya ada di Jalan Wastukancana No.02 Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Peta

Biar lebih jelas, silahkan cek petanya di bawah ini:

Angkutan Umum Ke Taman Balai Kota Bandung

Kalau kalian pergi ke taman ini dengan angkutan umum, anda bisa menggunakan banyak angkot yang belintasi taman ini, anda dapat menggunakan angkutan umum dengan trek rute Kalapa-Ledeng, Stasiun Hall-Dago, Antapani-Ciroyom, Stasiun Hall-Ciumbuleuit, dan Margahayu-Ledeng. Kemudian mintalah turun di depan Taman Balai Kota.

Harga Tiket Taman Balai Kota Bandung

Kira-kira, berapa sih harga tiket masuk ke taman ini? Taman ini bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata murah di Bandung bahkan gratis yang wajib anda sambangi.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk ke taman ini. Anda hanya membayar uang parkir saja kalau bawa kendaraan.

Dan untuk biaya parkir sendiri tidak lebih dari Rp 10.000 per kendaraannya. Wah, seru juga ya, kalau liburan tanpa harus mengeluarkan tiket masuk.

Jam Buka Taman Balai Kota Bandung

Untuk anda yang mau datang ke taman ini, anda juga mesti tahu jam berapa taman ini buka. Oh ya, fasilitas umum ini sendiri bisa anda kunjungi kapan saja, dan oleh siapa saja.

Karena taman yang dikelola oleh pemerintah kota Bandung ini buka 24 jam, anda bisa datang jam berapa saja kesini, sangat seru kalau datang kesini sore menjelang malam, karena akan lebih meriah lagi dengan adanya lampu-lampu taman yang cantik.

Daya Tarik Taman Balai Sartika

Di taman ini ada juga sepasang patung merpati. Hal ini sebagai peringatan dilepaskannya 800 ekor merpati yang menghiasi taman tersebut.

Di tempat ini, Anda bisa duduk-duduk, beristirahat, piknik kecil, olahraga ringan, baca buku atau bahkan memanfaatkan tempat yang ada sebagai tempat latihan.

Di beberapa sudut Nampak anak-anak yang sedang berlatih marching band, beladiri, musik, modern dance, gambar dan lain-lain. Ada pula jalur sepeda buat Anda yang ingin menikmati semua yang ada di dalam sini dengan bersepeda.

Jika haus atau lapar, para penjaja makanan asongan juga banyak terdapat di sana. Soal kebersihan Nampak dijaga. Di sana juga terdapat area parkir yang luas. Cukup untuk kendaraan roda dua dan empat. Taman tengah kota ini bisa dikunjungi gratis oleh siapa pun serta dilengkapi dengan fasilitas Wifi, toilet umum, gazebo, serta banyak tempat duduk.

Tak aneh jika Taman Tertua di Bandung ini menjadi salah satu pilihan pribadi dan keluarga buat sekadar melepas lelah dari kepenatan sehari-hari yang tidak memakan waktu dan tenaga.

Fasilitas Taman Balai Kota

Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang, maka fasilitas taman terus dilengkapi, di taman ini anda akan menemukan berbagai fasilitas umum yang memadai mulai dari toilet khusus wanita dan pria. Tidak ketinggalan juga ada fasilitas kesehatan berupa sebuah puskesmas kecil yang terletak di dekat pintu masuk taman.

Untuk anda yang mau berkeringat, taman ini juga memiliki fasilitas berupa sarana olahraga kebugaran untuk bisa dinikmati pengunjung sesuka hati.

Selain itu, jika waktu solat tiba, kalian tidak perlu pergi mencari musola atau masjid untuk beribadah, karena taman ini juga sudah memiliki musala dengan bangunan berwarna hijau yang ada di salah satu sudut taman.

Di taman ini juga memiliki beberapa koleksi hewan bak mini zoo, disini terdapat koleksi kelinci, ayam, dan burung di dalam sangkar, walaupun begitu tetap bisa dinikmati oleh pengunjung dari jarak dekat.

Aktivitas Seru di Taman Balai Kota Bandung

Selain beberapa fasilitas yang bisa kita gunakan, tentu saja berbagai kegiatan seru juga bisa kita lakukan disini. Meski gedung balai kota termasuk bangunan tua akan tetapi dengan penataan yang baik apalagi di tambah dengan tanaman yang ada di tamannya membuat banyak aktivitas ikutan seru lainnya bisa kita lakukan disini.

Berikut ini beberapa aktivitas seru yang bisa wisatawan lakukan disini:

1. Menelusuri Taman Labirin

Taman Labirin
Taman Labirin

Aktivitas seru yang tidak boleh kita lewatkan ketika berkunjung ke taman ini adalah bermain di labirin. Meskipun labirin disini tidak terlalu tinggi akan tetapi tetap seru untuk kita jadikan sebagai spot berfoto.

Labirin di taman balaikota ini punya pintu masuk dari empat penjuru yang berbeda, nah setelah itu pengunjung diharuskan mencari jalan keluarnya yang berbelok-belok, sehingga dirasa cukup menantang, terutama untuk anak-anak dan remaja.

Rumput cantik yang menjulang tinggi ini sangat tertata dengan baik sehingga sangat cantik sekali kalau anda jadikan sebagai latar berfoto.

2. Gembok Cinta

Gembok Cinta di Taman Balaikota Bandung via Infobdg
Gembok Cinta di Taman Balaikota Bandung via Infobdg

Selanjutnya, ada juga gembok cinta yang cukup unik. Karena ternyata spot ini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk anak-anak muda.

Entah kenapa kok ada juga juga orang yang percaya kalau mereka mengaitkan gembok cinta disini bakal membuat langgeng hubungan, padahal tidak ada hubungannya sama sekali.

Tapi ya untuk hiburan saja.

3. Tempat Nongkrong Anak Muda

Tempat Nongkrong Anak Muda via Youtube
Tempat Nongkrong Anak Muda via Youtube

Taman ini menjadi salah satu tempat untuk kongkow di Bandung anak-anak muda, baik untuk sekedar ngobrol, mengerjakan tugas, bikin projek konten dan lain sebagainya.

Banyak aktivitas santai bisa dilakukan di taman ini. Kegiatan nongkrong di taman ini sangat seru sekali, apalagi kalau anda datang bersama komunitas.

Di taman ini juga sangat ramah untuk melakukan berbagai kegiatan apakah mau latihan menari, parkour, sepak bola, dan lain sebagainya.  

4. Bermain Air Sungai

Indahnya taman anak sungai cikapayang di balai kota Bandung via Merdeka
Indahnya taman anak sungai cikapayang di balai kota Bandung via Merdeka

Bermain di sungai jadi salah satu aktivitas seru yang wajib banget dilakukan disini, terutama yang datang bareng anak-anak. 

Dengan air yang bening dan bersih, membuat kegiatan bermain air terasa sangat menyenangkan sekali, anak-anak pasti akan ceria selama bermain disini.

Para orang tua tidak perlu khawatir dengan kesehatan kulit sang buah hati, karena air sungai Cikapayang ini sudah melewati tahap penyaringan agar anak-anak bisa bermain. Jadi orang tua hanya fokus dengan anak-anak mereka ketika bermain.

Kunjungi juga: 16 Pemandian Air Panas di Bandung

5. Berfoto-foto

Foto Foto di Taman Balai Sartika
Foto Foto di Taman Balai Sartika

Kegiatan wajib yang tidak boleh ditinggalkan ketika berkunjung ke taman ini adalah foto-foto, karena taman ini menawarkan banyak sekali spot foto instagramable lho.

Apalagi setelah selesai direvitalisasi oleh Kang Emil pada periode kepemimpinan beliau ketika menjadi Wali Kota Bandung, taman ini semakin tercelak dan modern.

6. Arena Bermain Anak dan Area Kebugaran

Tempat Nongkrong Anak Muda via Youtube
Tempat Nongkrong Anak Muda via Youtube

Taman ini juga menjadi area wisata di Bandung yang ramah anak lho. Dijamin anak-anak yang bermain di Bandung City Hall Park akan terhibur dengan adanya berbagai fasilitas dan wahana yang tersedia.

Anak-anak bisa menikmati permainan ayunan dan papan jungkat-jungkit dan orang tua bisa mengawasi anak-anak dari kursi-kursi yang sudah tersedia di dekatnya.

Selain untuk anak-anak, di taman ini juga tersedia arena untuk orang dewasa yang ingin berolahraga, ada alat-alat olahraga sederhana layaknya di pusat kebugaran.  

7. Olahraga Jogging

Olahraga Jogging
Olahraga Jogging

Taman ini juga menjadi area yang ramah untuk yang mau jogging, kalian bisa berlari kecil disini dengan trek yang sudah disediakan untuk berjalan kaki atau jogging.

Jogging di taman ini bisa jadi pilihan karena udara di taman yang masih segar dan kadar oksigennya masih tinggi ketimbang di tempat lainnya.

Jadi anda bisa lari santai dengan puas sembari menghirup udara yang segar karena masih ada banyak pohon yang menjulang tinggi yang memproduksi oksigen untuk paru-paru kita.  

*          *          *          *          *          *           

Demikianlah ulasan mengenai taman balai kota Bandung yang bisa kami review untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan murah meriah di Bandung bersama keluarga atau pasangan tercinta. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar semakin viral lagi ya.

Kunjungi juga: 10 Aktivitas Seru di Alun-alun Bandung

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.