Samsung Gulirkan Bulid One UI 4 Terbaru untuk Perbaiki “Lag” Seri Galaxy S21

  • Bagikan

Beberapa waktu lalu Droidlime memberitakan masalah yang dihadapi oleh Samsung mengenai kedatangan pembaruan One UI 4 berbasis Android 12 untuk seri Galaxy S21. Ya! Sejumlah pengguna smartphone tersebut, terutama di Amerika Serikat mengeluhkan adanya penurunan refresh rate hingga ke 60Hz setelah melakukan pembaruan.

Samsung memang telah meluncurkan pembaruan One UI 4 berbasis Android 12 pada minggu lalu dan kehadirannya disambut “gegap gempita” oleh pengguna seri Samsung Galaxy S21. Awalnya, memang Samsung menyodorkan pembaruan ini untuk para pengguna Galaxy S21, S21+ dan S21 Ultra.

Pembaruan One UI 4 berbasis Android 12 itu pun rupanya menimbulkan masalah, yang pada akhirnya para pengguna seri Galaxy S21 bersuara dan mengeluhkan pembaruan tersebut. Masalahnya adalah ketika memilih 120 Hz di Pengaturan, kecepatan refresh akan kembali ke 60 Hz setelah pengguna berhenti menyentuh layar.

Menghadapi hal itu, raksasa elektronik asal Korea Selatan itu pun mengakui masalah “kelambatan layar” yang mengganggu beberapa unit seri Galaxy S21, terutama di Amerika Serikat, setelah diperbarui ke iterasi stabil One UI 4 berbasis Android 12.

Bererak begitu cepat, Samsung segera melakukan perbaikan. Build terbaru yang diluncurkan oleh Samsung adalah G99xUSQU4BUK9 (di mana “x” berbeda menurut anggota keluarga S21 yang miliki pengguna), dan akan menggantikan G99xUSQU4BUK7 sebelumnya pada model operator di Amerika Serikat.

Untuk saat ini, build terbaru juga sudah muncul di Verizon, tentu tak sedikit yang berharap build baru tersebut juga akan segera mencapai unit operator lain. Karena bug switching refresh rate yang disebutkan di atas tampaknya sebagian besar memengaruhi unit Galaxy S21, S21+, dan S21 Ultra di Amerika Serikat.

Masih harus ditunggu lebih lanjut, apakah patch perangkat lunak ini akan dikirim secara global pada waktunya atau tidak. Orang-orang yang telah menginstalnya melaporkan peningkatan besar dalam respons keseluruhan di perangkat, meskipun tampaknya masih ada beberapa sisa pengguliran di aplikasi pihak ketiga.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *