Perbedaan Komputer Desktop, Laptop dan Notebook

  • Bagikan

Sebenarnya, baik desktop, laptop dan notebook adalah komputer yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.

baca selengkapnya atau tidak sama sekali... Saya sarankan agar tidak membacanya

Misalnya, untuk presentasi di sekolah atau di kantor, tentu tidak efektif jika harus bawa komputer yang ada di rumah, kan?

Atau mungkin, untuk memenuhi berbagai kebutuhan pekerjaan seperti desain grafis atau gaming, tentu saja sulit pakai notebook yang spesifikasinya rendah.

Meski demikian, masih banyak orang yang bingung apa sih perbedaan komputer desktop, notebook dan laptop.

Termasuk juga kelebihan dan kekurangan laptop dan notebook, cara pilih laptop atau notebook, perbedaan RAM laptop dan notebook, fungsi notebook, contoh notebook, perbedaan harga notebook dan laptop dan lain sebagainya.

Poin inilah yang kemudian jadi alasan atau dasar mengapa artikel ini saya buat. Penasaran? Simak artikel ini sampai habis.

1. Apa itu Komputer Desktop?

Perbedaan Komputer Desktop, Laptop dan Notebook
Contoh komputer personal All-in-One [AIO] Asus tanpa CPU

Komputer desktop, yang kadang juga disebut PC atau Personal Computer adalah perangkat komputer fisik yang digunakan untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas.

Ciri utama dari PC adalah penempatannya yang dilakukan secara permanen karena bobotnya yang berat dan tidak efektif saat dibawa kesana kemari.

Sehingga, ia kadang juga disebut komputer meja. Meski demikian, di Indonesia, istilah komputer lebih sering merujuk pada alat eletronik otomatis satu ini.

Artinya, kata komputer sering diasosiasikan dengan perangkat elektronik yang terdiri dari monitor, CPU, mouse dan lain sebagainya.

Meski pendapat diatas tidak benar karena notebook atau jenis-jenis laptop yang lain juga termasuk komputer.

Lantas, apa istilah yang tepat? Istilah yang benar adalah desktop komputer yang merupakan unit komputer fisik.

Baca Juga:

Agar komputer tersebut berfungsi penuh, desktop harus terhubung ke monitor eksternal, keyboard dan mouse.

Lewat berbagai koneksi mulai dari kabel Bluetooth, Wifi, atau USB termasuk HDMI, VGA dan display port lainnya.

Artinya, jika desktop tidak di konfigurasi pakai Wifi dan Bluetooth berarti ada port yang digunakan untuk USB dan HDMI.

Spesifikasi desktop untuk setiap PC ini cukup berbeda yang dibuat atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang variatif.

Mulai dari komputer entry-level dengan hard drive kecil dan kebutuhan daya listrik yang rendah hingga yang spesifikasi tinggi.

Misalnya, komputer yang dibuat khusus untuk game, desain multimedia sampai komputer untuk server dan hosting.

Termasuk juga komputer meja kekinian tanpa dilengkapi dengan CPU seperti desktop All in One [AIO].

Intinya, desktop komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung dan mengolah data secara cermat sesuai dengan instruksi pengguna.

Hasil pengelolaan semua data tersebut akan muncul, serta dapat menjalankan multimedia seperti film, musik, televisi, faksimile dan seterusnya.

Dalam komputer, biasanya terdiri dari beberapa unit mulai dari unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Dan agar komputer biasa bekerja maksimal, dalam komputer ada dua komponen yang wajib ada yakni hardware dan software yang sudah saya bahas disini.

2. Apa itu Laptop?

Perbedaan Komputer Desktop, Laptop dan Notebook

Laptop adalah komputer modern yang merupakan alternatif untuk komputer desktop yang sudah saya jelaskan dibagian atas.

Dengan demikian, laptop ini sifatnya portable dengan kekuatan dan spesifikasi yang bisa saja dengan komputer umum.

Bobot laptop biasanya antara 4-12 pon dengan ukuran ketebalan layar yang variatif bergantung model dan merk.

Ciri utama yang membedakan antara notebook dan laptop ada pada DVD-Drive dimana, fitur ini ada di Laptop dan tidak pada notebook termasuk opsi pariferal lain.

Disisi lain, dalam kamus besar bahasa Indonesia [KBBI], laptop dipahami sebagai komputer pribadi yang agak kecil yang dapat dibawa-bawa.

Perangkat ini bisa ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas sat perangkat yang menakup papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, dengan baterai yang bisa diisi ulang.

Laptop pertama di dunia mulai dikembangkan oleh divisi Xerox PARC yang saat itu mengembangkan Xerox NoteTaker pada 1976.

Sampai hari ini, Xerox NoteTaker dianggap seabgai komputer portabel pertama di dunia meski tidak dijual secara luas.

Beberapa tahun selanjutnya, tepatnya pada 1981, Osborne 1 diperkenalkan seabgai komputer pertama yang bisa dibeli secara komersial.

Ukuran laptop ini seperti meja mesin jahit, cukup besar tanpa baterai. Agar bisa digunakan, harsu hubungkan dengan listrik langsung.

Tiga tahun berikutnya, model komputer portabel yang lebih disebut laptop mulai banyak dibuat oleh berbagai produsen.

Misalnya, pada 1982, Kaypro memperkenalkan Kaypro II, yang sudah dilengkapi dengan floppy drive dua sisi dengan monitor CRT besar.

Sejatinya, laptop sebagaimana yang dikenal sekarang ini diproduksi oleh GRiD Compass 1101, di tahun yang sama.

3. Apa itu Notebook?

Perbedaan Komputer Desktop, Laptop dan Notebook

Bagi beberapa orang, notebook adalah salah satu tipe dari Notebook yang lebih compact dan mudah dibawah ke mana-mana.

Dari segi fungsionalitas, notebook tentu lebih dioptimalkan untuk pekerjaan luar ruangan yang juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk komputer desktop.

Kemampuannya pun tak jauh beda dengan laptop. Sayangnya, seperti diatas, pada Notebook tidak ada fitur DVD-Drive dan periferal.

Selain itu, Notebook adalah komputer pribadi bertenaga AC yang membuat bobotnya jauh lebih ringan dan ukurannya lebih kecil.

Sehingga, notebook ini dapat dengan mudah diisi didalam tas kerja dan mudah dibawa kemana-mana. Untuk bobotnya biasanya tak kurang dari 3 pon dengan rentang kebetalan antara 0,5-1 inci.

Sejarah notebook tak lepas dari sejarah laptop. Misalnya, enam tahun setelah peluncuran Kaypro II, ukuran dan bentuk komputer portabel lebih kecil lagi.

Seperti yang terlihat pada Cambridge Z88. Meski komputer ini diklaim 16 kali lebih optimal di banding Osborne 1, namun berat totalnya berkurang drastis.

Sampai hari ini, NEC UltraLite 1988 dianggap sebagai komputer notebook pertama di dunia bersamaan dengan Compaq LTE yang dibuat setahun setelahnya.

Perbedaan Komputer, Laptop dan Notebook

Lantas, apa sih perbedaan komputer, laptop dan notebook? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

Perbedaan Komputer desktop Laptop Notebook
Definisi Komputer desktop adalah perangkat komputasi pribadi yang dirancang khusus untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan diatas meja Laptop adalah perangkat komputer portabel, berukuran kecil dan ringan sehingga bisa digunakan di pangkuan pengguna Notebook adalah komputer pribadi bertenaga baterai dengan ukuran ringkas dan Compact
Cooling system Dilengkapi dengan sistem pendingin internal di CPU Ada sistem pendingin kipas dan sistem lain yang dikembangkan sebagai cooler Tidak ada sistem pendingin internal karena ukuran dan daya pemrosesannya yang kecil
Bobot Ukurannya besar dan berat Lebih besar dan berat dari notebook dengan berat antara 1,4 hingga 5,4 Kg  Lebih kecil dan lebih ringan dari laptop dengan berat kurang dari 2 kg
Kemampuan pemrosesan Bergantung spesifikasi tapi lebih tinggi dibanding notebook dan laptop Laptop memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup tinggi Daya pemrosesan notebook lebih rendah dibanding laptop
Drive DVD Ada Ada Tidak Ada
Periferal Ada Ada Tidak ada
Hardware Hardware desktop lebih kuat dari laptop dan notebook Perangkat keras laptop lebih kuat dari notebook Perangkat kerasnya notebook lebih sederhana dibanding laptop
Komponen seperti keyboard, CPU, mouse dan lainnya Komponen eksternal kecuali komputer AIO Komponen internal Komponen internal
Harga Mahal Cukup mahal Cukup murah
Contoh Apple, ASUS, Dell, Lenovo dan lain sebagainya Apple, Dell, Toshiba, Acer, Asus, Lenovo, HP, Samsung, Sony, MSI, AlienWare dan lain sebagainya HP, Apple, Samsung, Sony, Toshiba, Dell dan lain sebagainya

Dari tabel diatas dapat dipastikan kalau ada banyak sekali perbedaan antara komputer desktop, laptop dan notebook.

Salah satunya dari segi berat dan portabilitas. Tentu saja, PC desktop tidak portabel ukuran dan bobotnya yang besar. Karena itu, ia cenderung ditempatkan di satu lokasi permanen.

Tapi tidak dengan laptop dan notebook yang bisa dibawa kemana-mana. Meski, dari segi bobot, notebook adalah yang paling ringan.

Bagaimana dengan ukuran layar? Tentu saja, komputer desktoplah yang paling besar, diikuti laptop dan notebook.

Hanya saja, mayoritas punya layar antara 10-18 inci. Sementara, untuk notebook, ukurannya antara 9-14 inci.

Paling terlihat juga dari segi penggunaan dimana laptop dan notebook dibuat untuk pengguna yang mobilitasnya tinggi.

Bagaimana dengan ruang penyimpanan dan daya tahan baterai? Tentu saja, karean bobot dan fungsinya demikian, ukuran memorinya berbeda.

Hanya saja, mayoritas pakai HDD dan SSD, yang mempengaruhi faktor harga tadi. Meski ada juga laptop yang dilengkapi dengan drive SSD tapi penyimpananya tidak sebesar desktop.

Poin inilah yang jadi keuntungan bagi notebook dimana sekalipun ukurannya kecil, tapi sudah dilengkapi dengan drive SSD.

Dengan demikian, pakai notebook sangat coock jika ingin meningkatkan kinerja, memakai perangkat yang ringan, tahan lama serta konsumsi baterai yang rendah.

Perbedaan paling terakhir ada pada harga. Komputer desktop, karena terbagi dalam beberapa perangkat, harganya tentu lebih mahal.

Sebab harga asli adalah akumulasi dari beberapa hardware mulai dari monitor, CPU, Mouse dan lain seabgainya.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan Laptop, tentu saja komputer desktop lebih murah meski bergantung sama merk dan spesifikasinya.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini bakal saya ulas dalam QnA dibawah, berikut daftarnya:

1. Mana yang lebih baik, apakah komputer desktop, laptop atau notebook?

Kembali ke tujuan penggunaan. Hanya saja, notebook adalah alterantif dari laptop yagn cocok digunakan untuk anda yang mobilitasnya tinggi.

Meski spesiifikasinya agak sedikit rendah terlebih untuk pekerjaan yang perlu perangkat periferal dari perangkat ke media lain.

Artinya, jika mobilitas jadi prioritas, notebook adalah komputer yagn cocok digunakan karean ukuran dan bobotnya yang relatif kecil.

Tapi, jika ingin dapat prosesor yang bagus dan cepat dengan penyimpanan yang besar, bisa peritmbagnkan pakai komputer atau laptop.

2. Apakah desktop, notebook dan laptop itu sama?

Jawabannya ya. Mengapa? Karena semuanya merupakan perangkat elektronis yang digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan.

Desktop, laptop dan notebook adalah perangkat komputer, yang portabel atau tidak dengan bobot yang berbeda-beda.

Penutup

Memilih komputer yang cocok sesuai kebutuhan adalah hal yang sangat penting. Terutama untuk mendukung kinerja dan mobilitas.

Jadi, semuanya punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Karena itu, pertimbangkan segala sesuatu sebelum beli komputer sendiri.

Jika ada tambahan, masukkan atau koreksi terkait postingan ini boleh sampaikan di kolom komentar.

Demikian artikel tentang perbedaan komputer desktop, laptop dan notebook. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *