Pengalaman, Syarat dan Cara Ganti ATM BRI Dari Magnetic Stripe Ke Chip

  • Bagikan

Kemarin saya ke kantor BRI untuk ganti kartu ATM BRI dari yang sebelumnya berbentuk Magnetic Stripe ke Chip.

Karena sejak dikeluarkannya surat edaran dari Bank Indonesia soal pergantian kartu ATM magnetic stripe, saya belum sempat ke Bank.

Sebenarnya, ATM itu sendiri bukan atas nama sendiri melainkan milik ayah saya dan sudah digunakan sejak kuliah.

Selain untuk mengikuti aturan pergantian kartu ATM juga agar rekening tersebut bisa digunakan untuk kemudian di berikan kepada adik bungsu.

Oh iya, cara yang sama juga berlaku jika ingin mengatasi PIN BRI yang terblokir. Hanya saja, prosesnya bisa dilakukan di kantor BRI Unit dan Cabang.

Dengan demikian, untuk anda yang sedang cari cara ganti kartu atm bri online, kartu atm bri terbaru chip dan cara menggunakan kartu atm bri chip.

Termasuk juga cara ganti ganti kartu atm BRI Britama, kartu atm bri chip Simpedes, kartu atm BRI chip Britama dan kartu atm BRI chip terbaru 2021, simak artikel ini sampai habis.

Syarat ganti ATM BRI ke Chip

Sebelum ganti ATM BRI Magnetic Stripe ke Chip, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh anda, diantaranya:

  • Pastikan rekening tersebut masih aktif dan tidak sedang dibekukan sementara atau sepenuhnya oleh pihak Bank
  • Pastikan data-data pemilik rekening ada seperti KTP atau identitas pengganti KTP lainnya, surat keterangan perekaman eKTP misalnya. Apakah bisa pakai SIM? Soal ini saya belum tahu pasti apakah bisa atau sebaliknya
  • Siapkan buku tabungan dan ATM yang ingin di ganti ke ATM Chip
  • Siapkan sejumlah uang untuk digunakan sebagai biaya administrasi penggantian ATM BRI Magnetic ke Chip

Kalau semua syarat diatas sudah lengkap, silahkan kunjungi Bank BRI terdekat di lokasi anda. Sebelum itu, ada satu hal penting yang ingin saya sampaikan.

Dimana, penggantian ATM BRI ke Chip, sepengalaman saya, tidak bisa dilakukan di Kantor BRI Unit. Jadi, harus ke kantor BRI Cabang terdekat.

Ini sesuai dengan pengalaman yang saya alami. Karena ternyata, kantor BRI terdekat masih berstatus Unit, jadi harus ke pusat kota untuk ke kantor cabangnya.

Cara Ganti ATM BRI Dari Magnetic Stripe Ke Chip

Lantas, bagaimana cara ganti ATM BRI Magnetic Stripe ke Chip? Pasti penasaran, kan? Berikut artikelnya untuk anda.

1. Kunjungi kantor cabang BRI terdekat

Cara Ganti ATM BRI Dari Magnetic Stripe Ke Chip

Seperti yang saya sebutkan diatas dimana untuk layanan penggantian kartu ATM BRI Magnetic stripe ke Chip hanya bisa dilakukan di kantor cabang.

Dengan demikian, pastikan kantor BRI yang akan dikunjungi berstatus cabang. Atau, bisa di coba saja ke BRI Unit siapa tahu sudah bisa dilayani.

Baca Juga:

Karena penggantian yang saya lakukan pada Oktober 2021. Siapa tahu, ketentuan ini sudah berubah mengingat tingginya angka permintaan penggantian ATM.

Salah satu cara mengetahui kalau kantor BRI yang dikunjungi berstatus cabang adalah dengan melihat tulisan didepannya.

Jika ada tulisan KK berarti statusnya cabang seperti BRI KK Universitas Sam Ratulangi, BRI KK Polda Sulut dan lain sebagainya.

2. Tanya ke petugas Satpam untuk prosedur pergantian ATM BRI Magnetic Stripe ke Chip

Cara Ganti ATM BRI Dari Magnetic Stripe Ke Chip

Setelah sampai ke kantor BRI Cabang, silahkan sampaikan tujuan anda ke petugas atau satpam yang berjaga disitu.

Biasanya, Satpam akan memberikan nomor antrian dan formulir permohonan penambahan dan pengurangan fasilitas seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Sepengalaman saya, jika tujuan anda untuk ganti ATM BRI Magnetic ke Chip, ada beberapa informasi yang wajib diisi didalam formulir formulir addition and subtraction facilities form, seperti:

  • Mengisi nomor CIF [Customer Information File] yang diperoleh di buku tabungan dan terdiri dari 8 digit huruf dan angka
  • Nama lengkap dan nama sesuai ID [akan diisi petugas] termasuk data pribadi seperti nama, kewarganegaraan, jenis identitas, nomor identitas, alat sesuai identias dan nomor rekening yang akan diganti kartu ATMnya
  • Setelah itu, tambahkan informasi fasilitas yang diminta termasuk pengisian nomor telepon. Di bagian belakang, silahkan tanda tangan dan masukkan nama lengkap

FYI, untuk nomor CIF Bisa diperoleh di halaman pertama buku tabungan. Letaknya sih ada di bagian kiri atas.

3. Proses pergantian kartu ATM

Cara Ganti ATM BRI Dari Magnetic Stripe Ke Chip

Setelah formulir diisi lengkap dan mengantri sekitar 5 menit, saya kemudian diminta SATPAM untuk masuk ke kantor.

Pegawai BRI biasanya hanya mengkonfirmasi saja data-data yang diinput. Setelah itu, tunggu prosesnya sampai ATM berhasil di ganti.

Sepengalaman saya, prosesnya tak terlalu lama. Sekitar 5 menit, kartu ATM saya sudah jadi dan siap digunakan.

Bagaimana dengan PIN? Anda bisa request pin yang sama sebelumnya atau permintaan ganti pin dengan yang lebih baru.

Tapi biasanya pihak petugas akan memberikan PIN baru untuk rekening tersebut lalu anda bisa ganti sesuai keinginan dan saldo di buku tabungan tetap sama.


FAQ

Beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan terkait postingan ini akan saya ulas dalam QnA dibawah, seperto:

1. Apakah penggantian rekening ATM BRI dari magnetic ke chip bisa diwakilkan?

Sepengalaman saya tidak bisa. Jadi, pemilik rekeninglah yang harus mengganti rekening tersebut. Namun bergantung sama kebijakan bank yang bersangkutan.

Sebagai contoh, dalam kasus saya, dimana nomor rekening tersebut atas nama ayah saya, namun saya bisa lakukan penggantian ATM bisa dilakukan oleh saya sendiri.

Kalau orang lain, kemungkinan tidak bisa. Sebelum itu, pastikan dulu data-data pemilik rekening seperti KTP ada.

2. Berapa biaya penggantian ATM BRI Magnetic ke Chip?

Seperti yang saya sebutkan diatas dimana ada biaya administrasi yang dibebabkan kepada nasabah untuk penggantian ATM BRI Magnetic ke Chip.

Lantas, biayanya berapa? Sepengalaman saya, biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp10.000 per kartu. Dengan demikian, jika ada anda punya lebih dari satu kartu, maka harus siapkan uang lebih.

3. Bagaimana bentuk ATM BRI yang magnetic stripe dan bentuk ATM BRI Chip?

ATM BRI Magnetic adalah bentuk ATM yang lama dan ATM tersebut tidak bisa lagi digunakan untuk tarik tunai di ATM BRI atau LINK.

Bentuknya gimana? Bentuk ATM BRI Magnetic Stripe terlihat seperti gambar dibawah ini:

Cara Ganti ATM BRI Dari Magnetic Stripe Ke Chip

Jadi, harus ganti ke ATM berbasis Chip ke Bank langsung, dengan mengikuti tutorial diatas. Setelah ATM tersebut diganti, maka bentuknya akan terlihat seperti ini:

Cara Ganti ATM BRI Dari Magnetic Stripe Ke Chip

Kalau sudah, anda bisa lakukan transaksi di ATM seperti tarik tunai, transfer uang dan lain sebagainya di ATM BRI atau Link.

4. Apa sih bedanya ATM Magnetic dan ATM Chip?

Perbedaan paling jelas ada pada bentuknya. Dimana, ATM Magnetic Stip ada garis hitam panjang dibelakang kartu. Sementara, pada ATM Chip, garis hitam ini tidak ada.

Disisi lain, pada ATM Chip, ada chip warna kuning di bagian depan ATM yang bentuknya mirip seperti kuningan di kartu perdana dan ini tidak ada di ATM magnetic.

Penutup

Saran sih, jika masih pakai ATM yang lama, ada baiknya diganti saja dengan yang baru karena ATM tersebut sudah diblokir alias tidak bisa digunakan lagi.

Selain itu, ATM berbasis chip lebih dijamin keamanannya dibanding ATM model lama yang rawan skimming.

Demikian artikel tentang pengalaman, syarat dan cara ganti ATM BRI dari Magnetic Stripe ke Chip. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *