Inilah 5 Cara Pindah Faskes BPJS Offline & Online Paling Cepat!

  • Bagikan

Pada kepesertaan BPJS seseorang bisa melakukan proses pemindahan faskes atau fasilitas kesehatan. Cara pindah faskes BPJS dapat dilakukan dari handphone atau datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

Cara pindah faskes BPJS dan alasan seseorang memindahkan faskes akan dibahas secara jelas pada artikel ini, maka simak beberapa pembahasan yang ada di bawah ini.

Cara Pindah Fasilitas Kesehatan (Faskes) BPJS

Terdapat beberapa cara untuk melakukan proses pemindahan faskes BPJS. Pemindahannya bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara yang pertama yang dapat dilakukan untuk pindah faskes adalah dengan menggunakan aplikasi mobile JKN. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama unduh aplikasi mobile JKN di handphone Android atau iPhone.
  • Kemudian lakukan proses instalasi sampai selesai lalu register. Jika telah memiliki akun bisa langsung login saja.
  • Setelah itu pilih Ubah Data Peserta.Pakai Aplikasi Mobile JKN
  • Di sana bisa mengganti faskes yang diinginkan.

Mengganti faskes ini tidak berjalan secara instan. Walaupun pada aplikasi sudah berubah biasanya pada sistem baru berubah ketika pembayaran premi selanjutnya. Kemungkinan besar penggantian baru berubah setelah 1 bulan.

2. Mendatangi Kantor Cabang Terdekat

Mendatangi Kantor Cabang Terdekat

Cara yang kedua untuk mengganti faskes bisa datanng langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Disarankan untuk datang lebih pagi supaya pengurusan lebih cepat dilakukan tanpa harus mengantre lama.

Bawalah semua berkas yang diperlukan. Di sana bisa minta pada petugas untuk melakukan proses penggantian faskes. Ikutilah prosedur yang diminta mulai dari melakukan pengisian data hingga verifikasi.

3. Melalui Customer Care

Melalui Customer Care

Cara selanjutnya adalah melalui customer care. Telepon langsung ke nomor 1500 400. Sebelum menelpon pastikan tersedia cukup pulsa karena akan dikenakan tarif standar. Ketika sudah tersambung minta operator untuk mengganti faskes dan ikuti semua langkah yang diminta sampai proses penggantian selesai.

4. Melalui Mobile Customer Service

Memanfaatkan Mobile Customer Service

Kemudian cara selanjutnya adalah dengan menggunakan mobile customer service. Layanan ini biasanya terdapat di beberapa kota dan bisa dicari pada jam kerja untuk melakukan proses penggantian faskes. Bawalah bsemua berkas yang dibutuhkan.

5. Mendatangi Layanan Publik di Pusat Perbelanjaan

Mendatangi Layanan Publik di Pusat Perbelanjaan

BPJS Kesehatan juga membuka layanan publik di beberapa pusat perbelanjaan. Datang ke sana untuk melakukan proses penggantian faskkes dan ikuti langkah di bawah ini.

  • Datanglah ke pusat perbelanjaan yang menyediakan layanan publik BPJS Kesehatan.
  • Bawalah berkas seperti KTP, kartu peserta BPJS, Kartu Keluarga, hingga bukti pembayaran bulan berjalan.
  • Minta pada petugas untuk melakukan proses pemindahan faskes.
  • Isilah data yang diminta kemudian pilih Fasilitas Kesehatan Baru.
  • Ketika ditanyakan, jawablah sesuai dengan alasan yang dimiliki seperti pindah domisili, perubahan lokasi kerja, atau fasilitas kesehatan yang tidak lengkap.
  • Tunggulah proses penggantian data sampai selesai.

Petugas biasanya akan menjelaskan jika penggantian faskes membutuhkan waktu hingga bulan selanjutnya. Sehingga selama bulan berjalan faskes yang dapat dipakai adalah faskes yang lama.

Persyaratan Pindah Faskes BPJS

Persyaratan Pindah Faskes BPJS

Ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan sebelum melakukan proses pemindahan faskes BPJS. Persyaratan tersebut harus dibawa apabila seseorang melakukan proses pemindahan dengan mendatangi kantor cabang BPJS terdekat. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus disiapkan.

  • KTP yang berlaku.
  • Kartu peserta BPJS Kesehatan.
  • Kartu Keluarga.
  • Bukti pembayaran terakhir.
  • Fotokopi buku rekening yang dipakai untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan.

Persyaratan di atas dibutuhkan untuk melakukan proses pemindahan faskes. Selain itu juga bisa melakukan pemindahan kelas misal dari kelas 3 pindah ke kelas 2.

Alasan Pindah Faskes BPJS

Beberapa alasan yang mendasari dalam memutuskan untuk pindah faskes antara lain:

1. Pindah Lokasi Kerja

Pindah Lokasi Kerja

Alasan yang pertama memindahkan faskes adalah karena lokasi kerja yang sering berpindah-pindah. Apalagi jika orang tersebut mendapatkan fasilitas mess atau tempat tinggal. Mau tak mau harus pindah lokasi faskes supaya bisa menggunakan BPJS.

Proses pemindahan faskes biasanya dibantu oleh pihak dari perusahaan. Biasanya perusahaan telah melakukan kerjasama dengan beberapa faskes terdekat dari area tersebut. Sehingga setiap pekerja yang mengalami sakit bisa langsung datang ke faskes tersebut.

2. Fasilitas Kesehatan Tidak Sesuai Keinginan

Fasilitas Kesehatan Tidak Sesuai Keinginan

Terkadang faskes yang dipilih tidak sesuai dengan ekspektasi seperti tidak memiliki pelayanan yang baik. Karena itu diizinkan untuk melakukan proses pemindahan faskes. Setelah memilih faskes disarankan untuk melakukan pengamatan terlebih dulu agar faskes sesuai dengan yang diinginkan.

3. Tidak Tersedianya Beberapa Fasilitas Kesehatan

Tidak Tersedianya Beberapa Fasilitas Kesehatan

Beberapa faskes terkadang tidak menyediakan fasilitas yang lengkap. Misalnya dakes yang dipilih tidak menyediakan layanan untuk perawatan gigi. Sehingga untuk mendapatkan layanan tersebut harus pindah ke faskes yang lainnya. Jika tidak, maka harus menggunakan layanan faskes swasta tanpa menggunakan BPJS.

Itulah alasannya mengapa sebelum memilih faskes sebaiknya perlu mengetahui apa saja layanan yang tersedia di sana. Jika layanan yang tersedia lengkap maka faskes tersebut bisa dipilih.

4. Jarak Terlalu Jauh dari Tempat Tinggal

Jarak Terlalu Jauh dari Tempat Tinggal

Alasan selanjutnya adalah karena jarak antara faskes dan domisili cukup jauh misalnya membutuhkan perjalanan hingga 15 menit bahkan lebih. Tentu akan sangat merepotkan pada saat darurat. Maka disarankan untuk memilih faskes yang cukup dekat dari rumah sehingga tidak perlu pergi jauh lagi untuk mendapatkannya.

5. Pindah Domisili

Pindah Domisili

Jika seseorang pindah domisili hingga ke luar kota atau ke luar pulau maka harus berpindah faskes juga. Supaya bisa memanfaatkan kartu BPJS yang dimiliki untuk berobat. Biasanya pindah domisili berkaitan dengan perpindahan tempat kerja, ikut dengan pasangan, ataupun hal yang lainnya.

Setelah membaca pembahasan tadi maka bisa diketahu ada beberapa cara untuk melakukan pemindahan faskes BPJS. Semoga informasi dari Sangreview.com ini bisa bermanfaat bagi pembaca yang ingin melakukan pemindahan faskes BPJS dalam waktu dekat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *