Inilah 30 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Agar Privasi Tetap Aman!

  • Bagikan

Salah satu cara untuk menyimpan data di iPhone adalah dengan menguncinya. Bagi kamu yang belum pernah melakukan ini sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa cara mengunci aplikasi di iPhone yang bisa kamu gunakan.

Sebab, selain Android, merek smartphone lain yang sangat populer di Indonesia adalah iPhone. IPhone sendiri merupakan smartphone rancangan Apple yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 oleh Steve Jobs.

Smartphone besutan Apple ini juga tak kalah saing di pasar gadget dunia dengan smartphone lain seperti Windows Phone ataupun Android. Salah satu fitur paling populer bagi pengguna iPhone adalah enkripsi keamanan iPhone.

Hal ini bukan tanpa alasan. Nyatanya iPhone menjadi salah satu produk gadget dengan tingkat keamanan terbaik dan tercanggih saat ini.

Untuk iPhone 5, 6, 6s dan yang lebih baru yang dibuat dengan Touch ID. Touch ID adalah tombol yang digunakan untuk membuat sensor sidik jari.

Dengannya, kita dapat dengan cepat dan mudah mengunci dan membuka kata sandi iPhone ini.

IPhone bisa dikatakan sebagai gadget yang memiliki fans base-nya sendiri. Dengan demikian, bisa dikatakan iPhone jarang bersaing dengan smartphone dan sistem operasi Android atau yang lainnya. Meskipun iPhone itu mahal, banyak orang menyukainya.

Namun, banyak pengguna iPhone yang belum tahu tentang bagaimana sih cara mengunci aplikasi yang ada di iPhone masing-masing. Faktanya, cara mengunci aplikasi di iPhone sangat sederhana.

Sangreview.com di sini ingin memberikan beberapa tipsnya dan ini bisa diterapkan disemua jenis iOS, baik itu dari iOS 9, iOS 10, iOS 11 dan seterusnya. Yang menariknya lagi, kamu bisa melakukan cara ini tanpa harus menggunakan jailbreak.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Gratis

Menjaga privasi adalah hal yang penting dan bisa dikatakan sebagai hak masing-masing individu. Karena adanya faktor inilah, Berjuang ingin berbagi informasi mengenai cara mengunci aplikasi di iPhone secara gratis untuk teman-teman, simak ya di bawah ini.

1. Fitur Restrictions

Demi memberikan rasa nyaman kepada para pengguna, nyatanya Apple juga menyuguhkan fitur restrictions pada produknya yang mana memiliki fungsi untuk mengunci aplikasi yang diinginkan. Contohnya saja seperti aplikasi Instagram, Galeri ponsel dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Untuk kamu yang belum tahu tentang bagaimana cara mengunci aplikasi dengan bantuan fitur restrictions, bisa lihat caranya di bawah ini:

  1. Pertama-tama buka laman Settings pada iPhone kamu.
  2. Setelah itu pilih General.
  3. Setelah di halaman Generals, pilihlah menu Restrictions.
  4. Di halaman Restrictions ini, untuk dapat mengaktifkan fitur kunci pada aplikasi. Kamu perlu mengaktifkan Restrictions terlebih dahulu atau bisa memilih Enable Restrictions dan masukkan passcode yang kamu punya.Fitur Restrictions pada iPhone
  5. Jika sudah, saatnya buat kamu memilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci sebagai privasi.

2. Touch ID

Selain bantuan dari fitur Restriction, nyatanya kamu juga dapat mengunci aplikasi pada iPhone dengna bantuan Touch ID. Mengenai caranya, simak yuk di bawah ini.

  1. Langkah awal yang diambil sudah pasti masuk ke dalam menu Settings.
  2. Setelah itu pilih menu Touch ID & Password.Touch ID iPhone
  3. Jika terbuka laman baru, kamu hanya perlu memasukkan Password (jika diperlukan) untuk step selanjutnya.cara mengunci aplikasi di iPhone 7
  4. Jika sudah, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur Touch ID untuk apk yang diinginkan.
  5. Ikuti setiap instruksi yang dianjurkan seperti penambahan sidik jari dan sebagainya.
  6. Kemudian kamu akan kembali lagi ke dalam laman menu Settings.
  7. Pada laman ini kamu hanya perlu masuk lagi ke dalam menu Passcode & Touch ID.
  8. Setelah itu kamu aktifkan Passcode and Touch ID.cara mengunci aplikasi di iPhone dengan sidik jari
  9. Kemudian kunci aplikasi yang memang ingin kamu kunci dengan bantuan fitur Fingerprint.

3. Mengunci Aplikasi Line

Ternyata, ada beberapa aplikasi massenger yang memang menyediakan fitur keamanannya sendiri, contohnya saja seperti LINE ini. Untuk kamu yang memiliki niat untuk mengunci aplikasi LINE pada smartphone, kamu bisa mencoba langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama-tama buka aplikasi LINE kamu.
  2. Setelah itu masuk ke dalam menu Pengaturan atau Setting.
  3. Kemudian pilih menu Privasi.
  4. Lalu aktifkan fitur Kunci Kode Sandi seperti di bawah ini.passcode lock line
  5. Jika kamu sudah mengaktifkan fitur Touch ID, kamu juga bisa memberikan kunci ke aplikasi LINE jika mau.
  6. LINE kamu sekarang aman dari sentuhan orang usil hehe.
  7. Jika kamu mengalami kelupaan pada password, kamu dapat menghapus dan install ulang aplikasinya di iPhone.
Kamu ingin memberikan iPhone kamu kepada teman atau saudara karena memang sudah ada penggantinya? Yuk lakukan Cara Reset iPhone untuk menjaga data privasi kamu.

4. Mengunci WhatsApp di iPhone

WhatsApp juga menyediakan sebuah fitur pengaman sendiri yang disebut dengan Two Step Verification yang bisa dikatakan hampir sama dengan LINE. Untuk kamu yang belum tahu caranya, bisa simak di bawah ini:

  1. Pertama buka aplikasi WA kamu di iPhone.
  2. Setelah itu buka Settings yang ada di pojok kiri bawah layar.
  3. Saatnya untuk kamu memilih Account.
  4. Jika sudah terbuka jendela menu yang baru saatnya pilih Two-Step Verification.Fitur Two-Step Verification
  5. Jika terbuka lagi jendela baru, kamu tinggal pilih Enable untuk diaktifkan.Cara Mengunci aplikasi WA di iPhone
  6. Kemudian kamu akan dimintai sebuah PIN sebagai alat kunci WhatsApp. Masukkan PIN dengan kode 6 angka yang kamu gunakan. Terus tekan Next.Cara Kunci WA
  7. Kemudian kamu akan dimintai kembali untuk memasukkan kode PIN yang sebelumnya sudah kamu buat. Langkah ini memiliki tujuan sebagai konfirmasi bahwa kamu tak ada masalah dengan kode PIN yang sudah dibuat.
  8. Lalu kamu akan dimintai untuk memasukkan alamat Email yang bertujuan sebagai alat untuk mereset PIN jika kamu mengalami kelupaan di lain waktu.
  9. Setelah itu tutup aplikasi WA kamu dan cobalah untuk membuka kembali. Maka secara otomatis kamu akan dimintai untuk memasukkan PIN sebagai alat membukanya.
Mendapati kerusakan pada perangkat iPhone kamu? Ingin melakukan klaim garansi tapi tak tau caranya? Yuk baca Cara Cek Garansi iPhone di sini.

Dengan hadirnya fitur pengunci aplikasi ini, sudah pasti kita akan merasa lebih lega dan nyaman terhadap data atau aplikasi yang memang ditujukan sebagai privasi. Di lain sisi, orang-orang yang dekat dan usil dengan privasi kita juga akan terbatasi dengan fitur ini.

Ya namanya juga privasi bro, ya jangan terlalu di interfensi ya kan. Selain itu, Apple juga menyediakan layanan Apple Pay yang memiliki fungsi untuk mengunci setiap aplikasi agar terhindar dari yang namanya salah pembelian akibat salah pencet.

Cara mengunci aplikasi di iPhone juga sangat penting diterapkan oleh orang tua pada smartphone mereka untuk menjaga anak-anak tak mengutak-atik aplikasi yang dapat merugikan kamu, baik dari segi biaya, data, ataupun privasi.

Semoga informasi yang Berjuang bagikan bisa menjadi referensi yang baik untuk semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *