Fungsi dan Cara Transfer di ATM dan SMS Banking

  • Bagikan

Apabila ingin melakukan transfer uang ke rekening bank Mandiri dari rekening bank yang berbeda, maka dibutuhkan kode bank Mandiri dalam proses transaksinya. Tanpa menggunakan kode bank Mandiri nantinya transaksi tersebut tidak dapat diproses.

Kode bank menjadi kode identifikasi yang dibutuhkan saat transaksi dilakukan antara 2 bank yang berbeda. Sehingga dalam transaksi yang dilakukan kode bank menjadi syarat yang penting.

Penggunaan kode bank berlaku pada transaksi yang dilakukan melalui mesin ATM dan SMS Banking. Kode bank Mandiri Syariah dan Mandiri Konvensional memiliki kode berbeda meskipun keduanya berada pada satu perusahaan yang sama.

Berapa Kode Mandiri?

Berapa Kode Mandiri

Bank Mandiri Konvensional memiliki kode 008 yang dapat digunakan untuk kebutuhan transaksi transfer dari mesin ATM atau SMS Banking dari bank lain. Kode tersebut merupakan kode resmi yang digunakan untuk kebutuhan finansial antar bank.

Kode tersebut bisa digunakan saat transaksi dengan bank lokal atau bank luar negeri. Saat mengirimkan uang dari rekening bank lain wajib memasukkan kode ini. Jika tidak maka transaksi yang dilakukan akan gagal dan ditolak oleh sistem karena perintah transaksi tidak dikenali.

Sistem pada mesin ATM atau SMS Banking tidak bisa mengidentifikasi input jika tidak sesuai dengan format kode yang benar. Kode bank ini menjadi kode sah transaksi yang harus digunakan dalam proses transaksi antar bank.

BACA JUGA: Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Apa Fungsi Kode Bank Mandiri?

Apa Fungsi Kode Bank Mandiri

Kode setiap bank memiliki fungsi dan kegunaan khusus. Tak hanya sebagai kebutuhan transaksi pengiriman uang saja tetapi juga terdapat fungsi lainnya. adapun beberapa fungsinya adalah:

1. Identitas Resmi Bank

Kode bank adalah identitas resmi sebuah bank yang akan mempermudah proses identifikasi transaksi antar bank. Sebab data transaksi bisa dibedakan oleh antar bank sehingga transaksi yang dilakukan berhasil.

2. Kebutuhan Identifikasi Transaksi

Semua bank mengharuskan memasukkan kode bank sebagai syarat dalam melakukan pengiriman uang antar bank. Karena pada dasarnya kode bank bisa menjadi kode identifikasi transaksi yang dilakukan. Tanpa kode tersebut maka transaksi tidak dapat diidentikiasi.

3. Pembeda Antar Bank

Selain nama bank, kode bank juga menjadi identitas resmi yang membedakan antara suatu bank dengan bank yang lainnya. Nama bank adalah identitas resmi di dunyia nyata sedangkan kode bank menjadi identitas resmi transaksi yang dilakukan setiap bank agar dapat terhubung.

4. Digunakan Saat Transaksi

Setiap kali akan melakukan transfer ke beda bank seperti BCA ke Mandiri atau sebaliknya, maka syarat utamanya yaitu harus memasukkan kode bank supaya transaksi tersebut berhasil. Semua bank mewajibkan untuk memasukkan kode bank pada format transaksi transfer uang antar bank di Indonesia atau luar negeri.

BACA JUGA: Cara Daftar SMS Banking BRI

Bagaimana Cara Transfer ke Rekening Bank Mandiri?

Bagaimana Cara Transfer ke Rekening Bank Mandiri

Jika ingin melakukan transfer uang ke rekening bank Mandiri dari bank yang lainnya, wajib memasukkan kode bank ke dalam format transaksinya. Kode bank biasanya dimasukkan sebelum nomor rekening Mandiri yang menjadi tujuan transfer. Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah-langkah yang dilakukan:

1. Transfer ke Mandiri Melalui Mesin ATM

Saat menngirim uang ke rekening bank Mandiri dari mesin ATM BCA, BRI, BNI, atau bank lainnya, harus memasukkan kode bank Mandiri 008 saat proses transaksi. Setiap mesin ATM akan memberikan perintah permintaan kode bank untuk diinput selama proses transaksinya.

  • Kunjungi mesin ATM terdekat.
  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
  • Pilih bahasa Indonesia.
  • Lalu masukkan PIN dengan benar.
  • Pilih Transaksi Lainnya kemudian pilih Transfer.
  • Pilih Transfer Antar Bank.
  • Masukkan kode bank Mandiri + nomor rekening tujuan. Contoh: 008
  • Masukkan nominal uang yang ingin ditransfer. Pilih YA.
  • Cek detail transaksi yang ditampilkan di layar, jika sudah benar pilih YA.

2. Transfer ke Mandiri Melalui SMS Banking

Bukan hanya saat transfer melalui ATM saja, tetapi juga saat melakukan transfer melalui SMS Banking kode bank juga dibutuhkan jika transaksi dilakukan dari bank yang berbeda. Berikut ini langkah-langkah SMS Banking BRI sebagai contohnya :

  • Buka fitur SMS di handphone.
  • Ketik SMS dengan format: TRANSFER [spasi] KODE BANK MANDIRI + NOMOR REKENING [spasi] NOMINAL [spasi] PIN.
  • Contoh: TRANSFER 0081300019933095 100000 123456.
  • Kirim ke nomor 3300.
  • Tunggu hingga mendapat balasan SMS konfirmasi transaksi berhasil.

BACA JUGA: Kode Bank BRI Syariah

Demikian informasi mengenai kode bank Mandiri dari Sangreview.com yang menjadi syarat dalam transaksi pengiriman uang dari rekening bank lain. Jangan lupa untuk memasukkan kode tersebut agar transaksi dapat diproses oleh sistem dan berhasil dilakukan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *