Cara Install Microsoft Office (Windows dan Mac OS)

  • Bagikan

Cara Install Microsoft Office

Cara Install Microsoft Office – Bagi kalian yang masih kuliah atau sudah bekerja biasanya sering menggunakan Microsoft Office sebagai alat untuk membuat dokumen atau materi presentasi. Jarang ada orang yang menggunakan alternatif lainnya seperti LibreOffice atau FreeOffice, terutama di lingkungan perusahaan. Karenan, di perusahaan, sangat penting untuk memastikan bahwa semua dokumen yang dibuat dapat dibuka di komputer mana pun tanpa direpotkan dengan masalah kompatibilitas.

Sampai sekarang produk utama milik Microsoft tersebut melaju tanpa adanya persaingan yang berarti dari para kompetitor. Untuk semakin melanggengkan posisinya di pasar, lahirlah Microsoft Office 2019 yang pastinya lebih bagus daripada versi sebelumnya. Membaca dokumen bisa menjadi lebih nyaman dengan adanya Learning Tools pada Microsoft Word 2019 dan Outlook 2019, menghilangkan background dalam gambar di PowerPoint lebih mudah dilakukan daripada dulu, serta fitur untuk bisa berbagi file pun lebih mudah untuk diakses.

Para engguna yang sudah upgrade sistem operasi setidaknya ke Windows 10 Fall Creators Update pun dapat menggunakan pena digital untuk mengendalikan slide pada PowerPoint 2019 menggunakan koneksi bluetooth. Dengan syarat, pena digital yang dipakai harus mempunyai desain sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Microsoft. Contohnya yaitu Surface Pen 4 atau Wacom Bamboo Ink.

Cara Install Microsoft Office

Microsoft Office

Microsoft Office pertama kali dirilis pada tahun 1990 lalu untuk Windows 95. Versi Mac pertama, yang disebut sebagai Microsoft Office 98 Macintosh Edition, tidak dirilis hingga pada tahun 1998. Direkayasa ulang oleh Unit Bisnis Macintosh Microsoft serta memperkenalkan Browser Internet Explorer 4.0 serta Outlook Express. Pun termasuk di dalamnya adalah Microsoft PowerPoint 98, Microsoft Word 98, serta Microsoft Excel 98.

Saat ini, hanya ada sedikit perbedaan di antara Microsoft Office untuk Mac dan Microsoft Office untuk Windows. Sejak versi 15.25, Microsoft Office untuk Mac sudah menjadi aplikasi 64-bit secara eksklusif, merusak kompatibilitas dengan komputer Mac yang lama dengan prosesor 32-bit. Microsoft Office sendiri merupakan rangkaian aplikasi produktivitas yang sangat terkenal di dunia, serta bisa dioperasikan di komputer Mac sama seperti di Windows.

Pertanyaan yang muncul dari para pengguna Mac adalah, “Haruskah saya membayar Microsoft Office untuk komputer Mac atau menggunakan salah satu dari banyaknya alternatif gratis?”.  Bahkan apa memang memungkinkan untuk bisa menggunakan Microfost Office di Mac Os? Berikut ini apa saja informasi yang kalian butuhkan untuk mendownload, menginstal, serta mulai menggunakan Microsoft Office untuk Mac maupun di laptop Windows. Simak Ulasan KlikPrint Berikut ini.

Cara Install Microsoft Office di Windows

Sebelum kalian mulai menginstall, pastikan PC atau Mac kalian sudah memenuhi persyaratan sistem. Apabila ini adalah kalin pertama kalian menginstal Office, kalian mungkin mempunyai beberapa langkah penyiapan yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Namun, apabila kalian menginstal ulang Office, kalian sudah menukarkan kunci produk, atau kalian menginstal Office di kantor atau sekolah dan mengetahui kalian mempunyai lisensi, lalu masuk ke bagian masuk dan menginstal Office di PC atau Mac kalian.

Sign In untuk download Office

  • Buka laman www.office.com dan apabila kalian belum masuk, pilih Masuk.
  • Masuk dengan akun yang kalian kaitkan dengan versi Office ini. Akun ini bisa berupa akun Microsoft, atau akun kerja atau akun sekolah.
    a) Setelah berhasil masuk, kalian ikuti langkah-langkah yang cocok dengan jenis akun yang kalian pakai untuk masuk. Apabila kalian masuk/sign ini dengan :
    b) Kalian masuk dengan akun Microsoft, maka caranya adalah dari halaman Beranda Office, pilih Instal Office lalu pilih Instal.
    c) Kalian masuk dengan akun kerja atau sekolah, maka caranya adalah Dari halaman beranda pilih Instal Office (apabila kalian mengatur halaman awal yang berbeda, buka aka(dot)ms/office-install) lalu pilih aplikasi Office 365 untuk bisa memulai proses instalasi.
  • Ini lalu akan menyelesaikan proses download Office ke perangkat kalian. Untuk menyelesaikan penginstalan, ikuti petunjuk di bagian “Instal Office” yang ada di bawah.

Cara Install Office di Laptop Windows

  • Bergantung pada browser kalian, pilih Jalankan (di Edge atau Internet Explorer), Siapkan (di Chrome), atau Simpan File (di Firefox). Apabila kalian melihat perintah Kontrol Akun Pengguna yang bertuliskan, Apakah kalian ingin mengizinkan aplikasi ini membuat perubahan pada perangkat kalian? pilih Ya. Lalu proses instalasi akan segera dimulai.
  • Penginstalan selesai ketika kalian sudah melihat frasa, “Anda sudah siap! Office telah diinstal sekarang ( You’re all set! Office is installed now)” dan animasi diputar untuk menunjukkan dimana tempat menemukan aplikasi Office pada komputer kalian. Pilih Tutup (Close).

Cara Aktivasi Microsoft Office di Laptop Windows

  • Untuk bisa membuka aplikasi Office, pilih tombol Mulai (sudut kiri bawah layar kalian) lalu ketikkan nama aplikasi Office, misalnya Word.
  • Apabila kalian mempunyai Windows 8.1 atau 8.0, ketikkan nama aplikasi Office di layar Start screen.

Cara Install Microsoft Office di Mac OS

Sama seperti cara menginstall Microsoft Office di laptop, maka untuk bisa menikmati semua produk dari Microsoft Office di Mac Os, kalian pun harus memenuhi persyaratan sistem. Apabila ini adalah kali pertama kalian menginstal Office, kalian mungkin akan mempunyai beberapa langkah penyiapan yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Akan tetapi, apabila kalian menginstal ulang Office, kalian sudah menukarkan kunci produk, atau kalian menginstal Office di kantor atau sekolah dan mengetahui bahwa kalian mempunyai lisensi, lalu masuk ke bagian masuk dan menginstal Office di PC atau Mac kalian.

Sign In untuk mengunduh Office

  • Buka laman www.office.com dan apabila kalian belum masuk, pilih Masuk.
  • Masuk dengan akun yang kalian kaitkan dengan versi Office ini. Akun ini bisa berupa akun Microsoft, atau akun kerja atau sekolah.
  • Jika sudah masuk, ikuti langkah-langkah yang cocok dengan jenis akun yang kalian pakai untuk masuk.
    a) Kalian masuk dengan akun Microsoft, maka caranya adalah dari halaman Beranda Office, pilih Instal Office untuk mulai mendownload.
    b) Kalian masuk dengan akun kerja atau sekolah caranya adalah dari halaman beranda Microsoft 365, pilih Instal Office (apabila kalian menetapkan halaman awal yang berbeda, buka aka(dot)ms/office-install) selanjutnya pilih aplikasi Office 365 untuk mulai mendownload.
  • Lalu ikuti instruksi berikutnya untuk bisa menyelesaikan penginstalan aplikasi Office kalian.

Cara Install Office di Mac Os

  • Setelah proses download selesai, buka Finder, buka Unduhan, lalu klik dua kali file Microsoft Office installer(dot)pkg (namanya mungkin akan sedikit berbeda).
  • Pada layar penginstalan pertama, pilih Lanjutkan untuk bisa memulai proses instalasi.
  • Tinjau perjanjian lisensi perangkat lunak, dan klik Lanjutkan.
  • Pilih Setuju untuk menyetujui persyaratan perjanjian lisensi software.
  • Pilih bagaimana cara kalian ingin menginstal Office lalu klik Lanjutkan.
  • Tinjau persyaratan ruang disk atau ubah lokasi penginstalan kalian, lalu klik Instal.
  • Masukkan kata sandi masuk Mac kalian, kalau diminta, lalu klik Instal Perangkat Lunak. (Ini adalah kata sandi yang kalian pakai untuk masuk ke Mac kalian)
  • Perangkat lunak mulai diinstal. Klik Tutup jika proses instalasi sudah selesai.

Cara Aktivasi Microsoft Office di Mac OS

  • Klik ikon Launchpad pada Dock untuk bisa menampilkan semua aplikasi kalian.
  • Klik ikon Microsoft Word pada Launchpad.
  • Jendela Yang Baru terbuka secara otomatis ketika kalian meluncurkan Word. Klik Mulai untuk mulai mengaktifkan.

Apabila kalian ingin menyematkan ikon aplikasi Office ke Dock, maka cara yang dapat kalian lakukan adalah :

  • Buka Finder> Aplikasi lalu buka aplikasi Office yang kalian inginkan.
  • Pada Dock, Control + klik atau klik kanan ikon app lalu pilih Opsi> Simpan di Dock.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *