Cara Berhenti Berlangganan IndiHome (Online & Offline)

  • Bagikan

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

baca selengkapnya atau tidak sama sekali... Saya sarankan agar tidak membacanya

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome – Menikmati layanan internet yang kencang serta stabil setiap saat memang menjadi kenikmatan tersendiri untuk para peselancar dunia maya. Namun dikarenakan suatu alasan tertentu, terkadang kalian dipaksa untuk berhenti menikmati layanan WiFi rumahan seperti IndiHome contohnya.

Misalnya ketika kalian harus pindah rumah, maka dengan terpaksa kalian perlu berhenti berlangganan IndiHome mengingat layanan ini memakai jaringan fiber yang tidak dapat dipindah seperti memakai modem MiFi.

Oleh sebab itu, dalam kurun waktu tertentu kalian harus berhenti dari langganan IndiHome yang sebenarnya telah sangat membantu menunjang kegiatan kalian sehari-hari.

Namun yang menjadi pertanyaan di sini adalah, bagaimana cara untuk bisa berhenti berlangganan paket IndiHome? Apakah hal ini memerlukan waktu yang panjang atau dengan biaya pemberhentian? Untuk lebih jelasnya, silakan kalian simak ulasan lengkap dari KlikPrint di bawah ini.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

Syarat dan Ketentuan

Di dalam situs resmi milik IndiHome sebenarnya sudah dijelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang membuat sebuah kontrak bisa diputus secara sepihak oleh pihak Telkom. Biasanya, pelanggan yang meninggal dunia, atau karena Telkom tidak bisa menyediakan layanan tersebut.

Akan tetapi, kalian tidak harus menunggu 2 hal tersebut terjadi dahulu. Pada dasarnya kalian dapat mengajukan pengakhiran kontrak berlangganan kepada pihak Telkom. Dan Telkom sendiri memiliki persyaratan yang perlu kalian penuhi jika ingin berhenti berlangganan IndiHome. Ini adalah syaratnya:

  • Siapkan fotokopi KTP atas nama pelanggan IndiHome. Berkas ini perlu dipersiapkan apabila kalin akan mengurus pemutusan kontrak secara luring (offline).
  • Untuk klian yang ingin mengurus pemutusan kontrak langganan IndiHome dengan cara daring (online), siapkan fotokopi KTP dalam bentuk file scan.
  • Lakukan pelunasan tagihan bulan terakhir langganan. Apabila kalian sudah melakukan pelunasan tagihan, serahkan struk pembayaran tagihan bulan terakhir itu kepada pihak IndoHome.
  • Lakukan juga pelunasan tagihan bulan berjalan.
  • Lakukan pengembalian perangkat.
  • Materai 6.000 dan juga stempel resmi dari kantor. Ini berlaku untuk para pelanggan instansi atau kantor.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

Secara umum pengajuan pemberhentian kontrak layanan IndiHome dapat kalian lakukan melalui dua cara, yaitu secara online dan offline. Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi kalian hanya perlu mengajukan pemutusan kontrak berlangganan IndiHome. Nah, ada pilihan cara yang dapat kalian lakukan untuk mengajukan pemberhentian kontrak.

1. Datang Langsung Ke Plaza Telkom

Untuk kalian yang lebih senang interaksi langsung face to face, cara yang pertama ini merupakan cara yang paling tepat. Kalian dapat langsung mendatangi Plaza Telkom serta menyerahkan berkas persyaratan yang diperlukan. Berikut ini merupakan cara cara lengkapnya:

  • Jangan lupa bawa semua persyaratan yang dibutuhkan termasuk peralatan milik Telkom yang dipinjamkan selama kontrak berlangsung ke kantor Telkom.
  • Ambil nomor antrian yang tersedia.
  • Tunggu hingga nama kalian dipanggil. Setelah kalian mendapat giliran, kalian akan diberi formulir yang perlu kalian lengkapi. Formulir itu akan berisi identitas serta alasan kalian berhenti berlangganan layanan IndiHome.
  • Selanjutnya, formulir itu akan difotokopi serta diberi materai.
  • Kalian akan diminta untuk menandatangani formulir tersebut di atas materai 6.000.
  • Lalu, kalian akan dimintai sejumlah uang untuk mengajukan pemberhentian layanan tersebut.
  • Terakhir, kalian akan diarahkan ke loket pembayaran IndiHome. Jika sudah CS akan menyelesaikan proses pemberhentian langganan.

Sebaiknya kalian selalu bawa uang lebih saat kalian akan melakukan pengajuan pemutusan kontrak langganan IndiHome. Hal ini untuk mengantisipasi nominal yang perlu kalian bayar ketika melakukan proses tersebut.

2. Melalui Twitter

Apakah kalian aktif dalam media sosial? Kalian dapat memanfaatkan media sosial untuk berhenti berlangganan layanan IndiHome dengan cara mention customer service (CS) IndiHome. Layanan ini tidak terikat oleh waktu. Kalian dapat mengakses media sosial yang dimiliki IndiHome 24 jam.

Untuk bisa mengajukan permohonan pemberhentian kontrak layanan internet kalian harus sudah memiliki akun Twitter. Setelah itu, kalian dapat masuk ke akun Twitter Telkom Indonesia, yakni @Telkomcare. Follow akun tersebut serta buat tweet yang berisi permintaan untuk berhenti berlangganan layanan IndiHome. Nah, berikut ini merupakan cara cara lengkapnya.

  • Login menggunakan akun Twitter milik kalian.
  • Follow akun Twitter resmi milik Telkom.
  • Tweet serta mention akun @Telkomcare dengan pesan yang berisi pesan tentang pengajuan untuk mengakhiri kontrak berlangganan layanan IndiHome.
  • Tunggu tweet balasan dari admin. Setelah itu percakapan akan dilanjut di menu DM.
  • Pada percakapan dalam menu DM, admin akan meminta beberapa persyaratan yang perlu kalian siapkan untuk berhenti berlangganan layanan IndiHome, seperti nomor IndiHome, nomor telepon, KTP, email, serta KK. File itu akan diminta sebagai validasi data pelanggan data pelanggan.
  • Tunggu konfirmasi selanjutnya dari admin Telkomcare.
  • Ikuti prosedur yang sudah diberikan oleh admin yang berkaitan tentang persyaratan permohonan berhenti berlangganan.

Pengajuan pemberhentian kontrak melalui Twitter ini akan diproses selama 1×24 jam. Jadi kalian masih bisa menggunakan koneksi internet sambil menunggu masa propagasi sistem IndiHome berakhir. Apabila dalam 24 koneksi internet kalian masih hidup, sebaiknya kalian hubungi CS IndiHome-nya.

3. Menelpon Call Center 147

Setiap perusahaan penyedia layanan pasti memiliki Call Center sebagai media untuk menyampaikan keluhan kesah atau hal yang ingin kalian sampaikan yang berkaitan dengan IndiHome seperti mengajukan pemberhentian berlangganan layanan IndiHome. Ini adalah langkah-langkah lengkapnya.

  • Sebelum kalian menelpon Call Center 147, sebaiknya kalian sudah mempersiapkan syarat mengajukan berhenti berlangganan. Di atas telah dijelaskan apa saja hal yang perlu kalian persiapkan.
  • Hubungi Call Center 147. Layanan ini merupakan layanan berbayar. Kalian akan dikenai biaya sebesar Rp 1.000/menit. Pastikan kalian sudah mengisi pulsa telpon.
  • Tambahkan kode area +147 saat kalian menelpon Call Center.
  • Apabila semua syarat serta ketentuan pengajuan berhenti berlangganan telah kalian penuhi, layanan kalian akan segera dinonaktifkan. Setelah itu tim IndiHome akan mendatangi rumah kalian untuk mengambil peralatan IndiHome yang terpasang.

4. Melalui Facebook

Selain melalui Twitter, kalian pun dapat menggunakan Facebook untuk mengajukan pemberhentian kontrak berlangganan layanan IndiHome. Ikuti langkah langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama, login menggunakan akun Facebook kalian.
  • Cari fanspage milik Telkom Care. Setelah itu kirim pesan.
  • Tunggu hingga pesan kalian mendapat balasan dari admin Telkom Care.
  • Jika sudah mendapat respon, admin Telkom Care akan meminta beberapa berkas untuk memvalidasi identitas kalian. Jangan lupa persiapkan nomor HP, KTP serta nomor IndiHome.
  • Selanjutnya, admin akan meminta kalian untuk melunasi tagihan bulan lalu serta tagihan bulan yang sedang berjalan.
  • Apabila semua prosedur sudah lengkap kalian penuhi, maka layanan IndiHome milik kalian akan segera dimatikan.
  • Segera kembalikan peralatan IndiHome yang dipinjamkan selama menjadi pelanggan IndiHome. Apabila dalam waktu lama kalian tidak mengembalikan peralatan tersebut, tim IndiHome akan mengambil perangkat modemnya.

Sebagai informasi, Telkom akan memberikan reward untuk pengguna berupa poin pada setiap transaksi yang dilakukan. Nah, apabila kalian memiliki banyak poin Telkom, kalian dapat sekalian menukarkannya di Plaza Telkom.

Penukaran poin ini dapat berupa barang atau kupon berhadiah yang diundi setiap satu bulan atau satu tahun sekali. Hadiah yang diberikannya juga sangat beragam tergantung dari jumlah poin yang kalian miliki.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *