7 Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tidak Tertipu (Dijamin Bagus!)

  • Bagikan

Reputasi dan brand Apple membuat pabrikan yang didirikan Steve Jobs ini mengenakan biaya premium untuk produk smartphone iPhone. Tidak heran jika banyak orang mencari tips membeli iPhone bekas agar mendapatkan produk yang lebih murah.

baca selengkapnya atau tidak sama sekali... Saya sarankan agar tidak membacanya

Membeli produk bekas memang menjadi pilihan tepat, namun harus disertai dengan beberapa pertimbangan. Apabila pertimbangan tersebut tepat, bukan tidak mungkin bagi Anda untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga murah.

Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli iPhone Bekas Agar Tidak Tertipu

iPhone bekas menjadi opsi menarik bagi Anda yang berkeinginan membeli produk dari Apple ini dengan harga yang murah. Berbeda dengan smartphone Android, iPhone memiliki beberapa fitur yang ekslusif yang tidak dimiliki oleh produk lain.

Dengan demikian, maka perlu cara-cara yang sedikit berbeda guna melakukan pengecekan agar Anda mendapatkan produk yang masih bagus walaupun bekas. Berikut  tips membeli smartphone bekas dari iPhone yang bisa dicoba.

1. Pilih Seller yang Memiliki Reputasi

Tips membeli iPhone bekas yang pertama adalah memilih seller yang kooperatif. Sebelum membeli iPhone bekas, melakukan pengecekan adalah hal yang wajib dilakukan. Sayangnya, beberapa seller biasanya enggan untuk memberikan kebebasan pada pembeli untuk mengecek.

Jadi, akan lebih baik jika memilih seller yang memperbolehkan Anda untuk mengecek iPhone sebelum membeli. Saran tambahan, akan lebih baik jika Anda bertemu secara langsung dengan seller dan melakukan pengecekan secara langsung atau pilih seller yang sudah memiliki reputasi.

2. Periksa iPhone Bukan Barang Curian

Jika iPhone yang Anda beli telah dicuri, pengguna asli dapat memblokir telepon, menjadikannya tidak dapat digunakan. Bagaimana  cara untuk mengetahui apakah iPhone yang dibeli barang curian atau bukan? Periksa IMEI Anda. IMEI adalah nomor identifikasi unik yang terdapat pada setiap ponsel.

Lokasi nomor imei dapat ditemukan di bagian luar ponsel atau di layar ponsel. Ketika melakukan pengecekan IMEI ini Anda bisa mendapatkan keterangan apakah iPhone hasil curian atau bukan. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Masuk ke Menu Settings pada perangkat iPhone Anda.
  2. Pilih menu General lalu tap Opsi About.
  3. Scroll Down menu About, hingga Anda menemukan Menu IMEI.
  4. Nomor IMEI berjumlah sebanyak 15 digit.
  5. Copy 15 digit nomor IMEI tersebut, lalu buka situs stolenphonechecker.org .
  6. Masukan nomor IMEI yang sudah Anda salin sebelumnya ke IMEI Checker.
  7. Lalu isikan Captcha sesuai dengan instruksi pada website tersebut.
  8. Klik I’am Not Robot lalu Klik Submit.

Jika bukan merupakan ponsel curian hasil pengecekan akan memunculkan hasil berwarna hijau dengan keterangan Not Reported or Stolen.

Namun, hasil akan berwarna merah (Red Notice) dengan keterangan ponsel telah dicuri atau dilaporkan hilang.

3. Cek Kualitas Baterai

Baterai pada iPhone memang dirancang agar tidak bisa diganti oleh penggunanya, sehingga Anda wajib untuk memperhatikan tips ini sebelum membeli iPhone bekas. Terlebih jika iPhone yang akan Anda beli durasi pemakaiannya sudah melebihi jangka waktu satu tahun.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek kualitas baterai sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone iPhone. Bagaimana cara untuk mengecek kualitas baterai iPhone? Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Klik menu Settings App lalu pilih Menu Battery.
  2. Tap Battery Health dan Maximum Capacity.
  3. Selesai.

Normalnya produk yang baru dibeli akan menunjukan kapasitas sebesar 100%. Semakin tinggi kapasitas baterai, maka semakin baik kualitas baterai.

4. Periksa Kerusakan di Perangkat

Pastikan juga Anda dapat melihat ponsel secara langsung sebelum membelinya, untuk melihat ada atau tidaknya kerusakan ponsel terutama pada bagian hardware. Kerusakan kecil mungkin bisa saja terjadi karena sebelumnya perangkat ini telah digunakan oleh orang lain.

Namun, jika ada kerusakan yang sifatnya vital seperti keretakan layar yang menyebabkan smartphone menjadi Ghost Touch. Hal lain berkaitan dengan masalah hardware yang wajib untuk Anda cek adalah seperti di bawah ini:

  • Tombol dan layar sentuh – Pastikan tombol beranda berfungsi dan semua area di layar merespons sentuhan Anda.
  • Colokan headphone – Colokkan headphone dan pastikan Anda dapat mendengar suara.
  • Speaker – Nyalakan speaker tanpa headphone dan uji kontrol volume.
  • Charger – Pastikan kabel charger berfungsi dengan baik dan bisa cepat mengisi daya. Saat ini terbilang sulit untuk menemukan kabel charger iPhone asli di pasaran.

Anda harus memperhatikan komponen penting yang disebutkan diatas, setidaknya masih berfungsi dengan normal. Meskipun sepele, namun tips membeli iPhone bekas ini harus benar-benar diperhatikan.

5. Pilih iPhone dengan Penyimpanan Besar

iPhone bekas jika dilihat secara sekilas memang menarik, namun hal yang perlu Anda perhatikan juga adalah masalah kapasitas penyimpanan atau storage capacity. Hingga saat ini kapasitas storage iPhone paling besar adalah sebesar 512 GB sedangkan yang paling kecil adalah 16 GB.

Meskipun kini sudah banyak user iPhone yang menggunakan iCloud sebagai media penyimpanan, akan tetapi menjadi tetap penting untuk memperhatikan kapasitas dari iPhone tersebut. Sebagai saran pilih iPhone bekas dengan kapasitas 64GB.

6. Cek Garansi iPhone

Tips membeli iPhone bekas nomor 6 adalah dengan mengecek garansi sebelum membeli. Sebagai saran pilih iPhone bekas yang masih dalam durasi garansi resmi, meskipun memang akan lebih mahal tapi hal ini lebih menjamin.

Jika memang tidak tersedia seller yang menyediakan garansi resmi, pastikan jika garansi tersebut belum lama berakhir. Berbeda jika misalnya garansi telah habis 2-3 tahun lalu, mungkin Anda perlu mempertimbangkan ulang untuk membeli atau negosiasi harga.

7. Hindari Membeli Varian iPhone Lama

Tips yang tidak kalah pentingnya ketika anda membeli iPhone adalah pastikan anda tidak membeli varian atau tipe iPhone yang tergolong sudah lama.

Pasalnya, jika anda membeli iPhone dengan tipe lama, maka teknologi hardware dan software nya tergolong jadul. Sehingga cukup sulit apabila anda ingin menjualnya kembali di sewaktu-waktu.

Bahkan parahnya, beberapa aplikasi akan terganggu dan tidak bisa dijalankan. Selain itu, pastikan iPhone yang anda beli masih mendapatkan pembaruan iOS, sehingga tetap mendapatkan fitur terbaru dari Apple.

Nah, itulah beberapa tips membeli iPhone bekas yang bisa diterapkan sehingga membuat Anda memperoleh barang yang bagus dengan harga murah. Pastinya tidak ada yang menolak jika mendapatkan barang bagus, namun harganya terjangkau, kan?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *