7 Cara Menjadi Artis TikTok Terkenal (Auto Viral!)

  • Bagikan

Kehadiran TikTok di seluruh dunia menjadi alternatif yang menarik guna mendapatkan kepopuleran melalui platform sosial media. Tidak mengherankan jika saat ini banyak yang mencari tutorial cara menjadi artis TikTok.

baca selengkapnya atau tidak sama sekali... Saya sarankan agar tidak membacanya

Berbeda dengan Instagram atau sosial media yang lain, TikTok adalah sosial media yang mengedepankan video dengan durasi pendek. Hal ini membuat jalan untuk menjadi artis TikTok akan lebih terbuka dibandingkan jika harus berjuang menjadi artis atau seleb instagram.

Keuntungan Menjadi Artis TikTok

Menjadi seleb TikTok tidak hanya didasari motif untuk menjadi terkenal saja, melainkan juga demi mendapatkan keuntungan komersial melalui endorsement dan royalti. Contohnya adalah artis TikTok asal Amerika @Lorengray yang memiliki 35 juta follower, diklaim bisa meraup 2,3 miliar per minggu.

Cerita sukses menjadi artis TikTok dari @Lorengray ini tentu bukan tidak mungkin bisa Anda ikuti jejaknya. Tidak hanya dari luar negeri saja, artis TikTok dari dalam negeri juga sudah banyak yang mengisahkan kesuksesan mereka dengan jumlah follower hingga jutaan.

Cara Menjadi Artis atau Seleb TikTok

Cara Menjadi Artis atau Seleb TikTok

TikTok terhitung sosial media yang masih berusia muda jika dibandingkan dengan Instagram dan YouTube, sehingga memungkinkan munculnya kehadiran artis-artis baru, termasuk Anda. Modal yang wajib Anda miliki adalah kreativitas dan konsistensi.

Sudah merasa memiliki kedua modal tersebut ? Nah, berikut ini adalah 7 tips atau cara untuk menjadi artis TikTok. Semua tips ini disadur dari beberapa artis TikTok dan influencer yang sudah terbukti sukses membangun akun dari nol hingga berpenghasilan miliaran.

1. Buat Video yang Belum Ada

Menurut riset sebanyak 81% pengguna TikTok didominasi oleh generasi milenial, sehingga konten Anda harus sesuai dengan minat dari anak-anak muda. Riset juga menjelaskan jika generasi milenial menyukai konten unik yang sebelumnya jarang mereka lihat di media sosial lain manapun.

Contohnya adalah dari salah seorang content creator TikTok untuk olahraga parkour yang sukses mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan follower dari pengguna TikTok. Sebelumnya parkour tidak pernah terekspos secara luas dari sosial media lain, seperti Youtube atau Instagram.

2. Gunakan Topik Secara Spesifik

Riset menunjukan jika beberapa content creator TikTok yang sudah memiliki jutaan follower hanya fokus pada satu topik, misalnya topik mengenai aplikasi edit video, olahraga, atau mengenai skin care. Tidak fokus pada satu topik bisa berakibat buruk bagi akun Anda untuk kedepannya.

Apa dampaknya? Jika topik Anda tidak spesifik akan menyulitkan endorsement dari pihak ketiga untuk bekerjasama. Hal ini karena endorsement dari pihak ketiga akan sulit untuk mengetahui apa interest atau minat dari produk Anda yang sesuai dengan produk pihak endorsement tersebut.

3. Posting Video Setiap Hari

Cara menjadi artis TikTok nomor tiga ini sangat penting karena telah merupakan modal utama Anda, terlebih bagi yang memulai dari nol. Tidak seperti Facebook, Algoritma TikTok memperbolehkan content creator untuk upload video secara terus menerus.

Menurut beberapa artis TikTok, jika masih baru membangun konten usahakan konsisten untuk minimal 3 kali sehari upload video meskipun belum memiliki banyak follower.

Nantinya follower akan datang seiring dengan konsistensi upload video, jangan lupakan kualitas dari konten yang Anda upload juga.

4. Perhatikan Lighting Video

Pencahayaan dari sebuah video TikTok adalah faktor yang penting, video dengan lighting yang kurang bisa dianggap sebagai konten yang menyalahi aturan TikTok. Ketika video yang Anda buat gelap mesin dari TikTok akan kesulitan untuk mengidentifikasi apakah video Anda menyalahi peraturan atau tidak.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli lighting untuk membuat konten, namun cukup pastikan video terlihat dengan jelas. Belajar dari beberapa kasus dan menurut beberapa situs techno video yang gelap akan dianggap sebagai konten pronografi oleh TikTok.

5. Manfaatkan Topik Trending

Terkadang memang ada sebuah momen ketika konten yang sudah Anda buat sudah terlihat menarik dan kreatif tetapi tidak terekspos oleh pengguna TikTok. Nah, jika terjebak dalam masalah ini Anda bisa memanfaatkan sebuah topik yang sedang trending.

Umumnya, menjadi artis TikTok akan memanfaatkan trending adalah melalui hastag, sisipkan hastag pada konten Anda sehingga bisa dilihat oleh banyak orang. Bagaimana cara mencari topik yang sedang trending? Perhatikan trending topic melalui Twitter.

6. Gunakan Lagu yang Sedang Trending

Tidak seperti media sosial lainnya, musik memiliki pengaruh besar pada peringkat video TikTok terlebih jika musik atau lagu tersebut sedang viral. Konten yang sudah lama diupload namun menggunakan backsound lagu yang sedang viral, bahkan bisa menembus FYP.

Ketika konten Anda sukses masuk FYP maka akun akan dilihat oleh banyak orang sehingga bisa menambah jumlah follower. Jika memungkinkan Anda bisa terlebih dahulu mencari lagu yang belum banyak digunakan di TikTok, tapi banyak pendengarnya di platform lain seperti Spotify atau YouTube.

7. Manfaatkan Hastag Saat Membuat Konten TikTok

Sudah ada kesepakatan bersama antara content creator yang sukses menjadi artis TikTok jika Hastag memiliki peran penting. Banyak juga artis TikTok yang pada awal perjalanannya memanfaatkan fungsi hastag hingga mendapatkan follower yang banyak.

Bahkan menurut beberapa social media analysis saat ini tren konten yang ada di TikTok adalah banyak yang menggunakan hastag tanpa caption. Contohnya adalah hastag mengenai #ForYourPage, #FYP, atau #ForYou.

Cara menjadi artis TikTok memang akan terlihat susah jika Anda tidak memiliki modal dasar berupa kreativitas dan konsistensi untuk membuat konten terlebih jika memulai semuanya dari nol. Jika sudah memiliki dua modal tersebut, Anda bisa mencoba 7 tips seperti di atas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *