13+ Ciri-Ciri Psikopat Ringan Yang Jarang Diketahui

  • Bagikan

Psikopat ringan adalah kondisi dimana penderita melakukan suatu aktivitas dengan kesadaran penuh tanpa tahu ia menderita gangguan jiwa.

baca selengkapnya atau tidak sama sekali... Saya sarankan agar tidak membacanya

Istilah ini sering diasosiasikan dengan karakter seorang pembunuh berdarah dingin seperti yang ada dalam film-film mutahir.

Meski tidak semua kasus menunjukan dampak serupa. Artinya, psikopat tidak melulu digambarkan seperti itu dan tidak semua yang dicitrakan dalam film benar adanya.

Ada beberapa sikap yang perlu diwaspadai sebenarnya dari ciri-ciri ini. Dan dalam konsep kepribadian, ada beberapa karakter yang identik satu sama lain, yang tidak serta merta di golongkan sebagai psikopat.

Sementara, untuk menentukan apakah seorang dapat disebut psikopat atau bukan hanya bisa dilakukan oleh dokter jiwa.

Salah satunya dari Robert Schug, PhD, ahli Neurokriminolog dan psikolog klinik dibidang biologi dan kriminolog yang pendapatnya akan saya ulas di artikel ini.

Karena itu, untuk anda yang sedang cari ciri-ciri psikopat ringan atau ciri-ciri psikopat pada umumnya, simak artikel ini sampai habis.

13+ Ciri-Ciri Psikopat Ringan Yang Jarang Diketahui

Lantas, apa saja ciri-ciri psikopat ringan? Pasti penasaran, kan? Jika iya, berikut artikelnya untuk anda.

1. Mudah bosan

ciri-ciri psikopat ringan

Ciri pertama adalah mudah bosan. Artinya, psikopat selalu mengalami fase kebosanan yang kronis sepanjang hidupnya.

Penyebabnya beragam, namum hipotesa pertama yang masuk akal dari rasa bosan ini dialami karena sang psikopat tidak punya semangat hidup seperti manusia normal lainnya.

Schug menjelaskan bahwa seorang psikopat terbiasa melakukan pekerjaan yang mereka sebut sebagai menyenangkan secara terus menerus agar hanya agar disebut normal.

Dilain pihak, Psikolog Randall Salekin, PhD menjelaskan bahwa asumsi tersebut dapat diartikan bahwa psikopat bisa saja ada diantara kelompok atau tempat yang sering menginisiasi suatu kegiatan yang dianggap menyenangkan.

2. Terlihat sangat menarik

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Salah satu aspek penting dari psikopat adalah kemampuan mereka dalam menarik perhatian orang lain saat berdialog atau interaksi.

Psikopat biasanya memiliki cara untuk memperdaya orang lain. Biasanya, mereka akan muncul sebagai pribadi yang sebisa mungkin harus disukai oleh orang didekatnya.

Baca Juga:

Dalam buku Snakes in Suits: When Psycophaths Go to Work yang ditulis oleh Paul Babiak dan Robert Here menjelaskan bahwa psikopat dapat dengan mudah memilih topik penting yang bisa menarik simpati dan perhatian seseorang.

Terkadang, pembahasan itu diiringi dengan antusiasme yang tinggi disertai emosi tertentu yang khas. 

Psikopat juga memiliki kemampuan untuk mengumpulkan sejumlah orang, bahkan sering dilakukan ditempat kerja maupun di penjara.

3. Suka berbohong

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Suka berbohong, dalam konteks ini, tidak sama seperti dalam kasus bohong patologis yang sering melakukan tindakan tersebut tanpa motivasi dan sebab.

Artinya, dalam kasus patologis, mereka tidak butuh alasan untuk berbohong dan ini berbeda dalam kasus psikopat.

Karena, psikopat akan berbohong dengan tujuan tertentu dan cenderung menipu serta memanipulasi untuk mencapai tujuan tertentu.

“Misalnya menipu orang lain agar masuk perangkap yang dibuat atau mendapatkan hubungan emosional tertentu,” kata Schug.

Hal ini menunjukkan kalau psikopat bisa saja punya jabatan di tempat kerja, hubungan yang baik dengan rekan kerja dan bisa mengontrol pasangan mereka secara bersamaan.

4. Tidak realistis

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Dalam beberapa kasus, psikopat biasanya akan memilih pola hidup tertentu dalam satu waktu daripada membuat rencana hidup jangka panjang.

Dengan demikian, psikopat cenderung tidak memahami kehidupan real mereka sendiri atau gaya hidup yang dijalani.

“Target mereka seringkali jauh dari situasi saat ini,” kata Schug untuk menjelaskan ciri-ciri psikopat setelah di penjara.

Dimana, mereka bisa saja mengatakan bahwa ia bercita-cita jadi seorang Astronot, Ninja atau agen FBI.

5. Merasa lebih unggul dari orang lain

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Ciri lainnya dari psikopat ringan adalah pandangan atau anggapan bahwa ia lebih unggul dibanding orang lain yang ada disekelilingya. 

Hal itu membuat mereka tidak peduli dengan dampak buruk dari setiap tindakan yang dilakukan, langsung ataupun tidak langsung.

Misalnya, dalam lingkungan kerja, psikopat bisa saja tidak peduli dengan tim dan menolak saran mereka sekalipun saran tersebut pada akhirnya terbukti menyelamatkan dirinya.

6. Empati yang timbul tenggelam

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Bicara soal keadaan mental, tentu saja Psikopat punya empat yang timbul tenggal sehingga, secara tidak langsung, ia tidak peduli dengan orang yang ada disekitarnya.

Entah itu dari segi finansial, sosial sampai dengan kepribadian. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan mereka merasakan emosi orang lain, bahkan emosi dirinya sendiri.

Pada tahun 2013 lalu, sebuah studi yang khusus mempelajari aktivitas otak pelaku kekerasan, yang dianggap psikopat, ditemukan ada area tertentu pada otak yang sering timbul tenggelam.

Area tersebut, pada manusia normal, muncul dan tidak timbul tenggelam yang, menurut para ahli, diasosiasikan sebagai bagian berbagai penderitaan dengan orang lain.

Karena bagian tersebut sering timbul tenggelam, Psikopat, dalam suatu waktu, bisa sangat empat dan dilain waktu bisa sangat manipulatif, komplusif dan berbahaya.

7. Mudah marah

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Psikopat adalah pribadi dengan amarah yang tinggi dan tak terkendali. Mereka juga tidak peduli dengan siapa dan dalam keadaan apapun. 

Tidak hanya fisik, psikopat juga dapat melakukan agresi verbal secara beruntun saat sedang marah.

Karena itu, kadang mereka sering terlibat adu argumen dengan orang lain yang ada di sekitarnya, termasuk pasangannya dan orang tuanya sendiri.

8. Berhubungan badan secara acak

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Karena psikopat punya kemampuan membuat topik pembicaraan yang menarik sehingga mereka bisa dengan mudah memikat calon korbannya hingga ke tempat tidur.

Meski demikian, mereka tidak tertarik pada komitmen untuk membina hubungan yang lebih baik, seperti memiliki anak, menikah dan punya rumah.

Bagi psikopat, hubungan tersebut adalah biasa saja alias tidak ada hubungan spesial dibaliknya dan dilakukan semata-mata karena ego

9. Impulsif dan tak bertanggungjawab

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Impulsif adalah suatu tindakan untuk mengambil keputusan atau sikap dengan cepat secara tiba-tiba karena keinginan tertentu.

Dan ini muncul dalam kasus psikopat juga. Sehingga, dalam beberapa kasus, hubungan emosionalnya selalu beresiko.

Misalnya, mereka dapat dengan mudah selingkuh, bertindak sembrono terhadap gaji yang didapat dan cenderung melakukan kegiatan melawan hukum, yang dianggap mereka menyenangkan.

10. Masa kecil yang pelik

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Biasanya, psikopat punya masa lalu yang pelik sehingga berdampak pada karakter dan kepribadiannya sendiri. 

Ini bisa disebabkan oleh banyak faktor atau masalah yang ia alami waktu kecil. Misalnya, keluarga yang broken home, sering alami kekerasan dari orang terdekat dan lain sebagainya.

Ini terungkap dari studi yang dilakukan oleh The British Journal of Psychiatry yang mengatakan bahwa tingkah laku psikopat cukup spesifik dan cenderung punya kaitan sama apa yang ia alami di masa lampau.

11. Bersikap layaknya penjahat

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Beberapa psikopat, seperti yang digambarkan dalam film-film itu sering terlibat dalam berbagai tindak pidana kejahatan.

Bahkan, dalam bentuk paling halus sekalipun seperti dalam kasus white collar crime atau kejahatan kera putih dan pencucian uang.

Dengan demikian, psikopat ringan cenderung memanipulasi sesuatu ketimbang menciptakan rasa sakit secara fisik.

Artinya, psikopat tidak seperti penjahat kebanyakan yang sering menggunakan adiksi narkoba dan melakukan tindakan kekerasan pada anak dan perempuan.

12. Tak bisa ditebak

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Kepribadian psikopat tidak bisa diprediksi atau ditebak. Artinya, kepribadiannya bergantung pada situasi dan manfaat yang didapatkan.

Misalnya, dalam linkungan kerja, mereka bisa dengan tiba-tiba berubah dari rekan kerja menjadi orang yang sangat dingin dan tidak kenal kompromi.

Ini disampaikan oleh Paul Babiak dan Robert Hare pada bukunya yang berjudul Snake in Suits: When Psychopaths Go to Work.

13. Pola perilaku

Ciri-Ciri Psikopat Ringan

Meski sulit ditebak, psikopat punya pola dan perilaku yang sama dan terus terjadi secara berulang setiap saat.

Hal ini disebabkan karena kepribadian mereka yang terganggu. Schug menjelaskan bahwa kepribadian tersebut dapat terlihat dengan jelas saat mereka ada di tempat kerj.

Termasuk juga saat di sekolah, keluarga dan pasangan mereka baik saat masih remaja sampai dewasa.

Meskipun indikasi tersebut bisa terlihat dengan jelas, tapi tidak serta merta memvonis mereka punya gangguan kejiwaan.

Artinya, untuk membuktikan apakah orang tersebut psikopat hanya bisa dilakukan oleh dokter jiwa karena bisa saja itu hanyalah emosi atau sikap sesaat karena stress dengan kerjaan atau pasangan.

Penutup

Ciri-ciri psikopat ringan diatas sebenarnya dapat dengan mudah anda temui didalam masyarakat entah pada teman, keluarga, kenalan hingga orang lain.

Bahkan, lebih jauh lagi, ciri-ciri tersebut mungkin anda dalam diri anda, baik yang anda sadari ataupun tidak.

Demikian artikel tentang 13+ ciri-ciri psikopat ringan yang wajib diketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *