13 Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag, Patah-Patah, FPS Drop

  • Bagikan

Keseruan bermain PUBG kadang terganggu oleh lag atau patah-patah di tengah permainan. Agar dapat bermain dengan maksimal, Anda perlu mengetahui cara mengatasi PUBG Mobile lag.

Pada dasarnya, lag, patah-patah, FPS drop dalam permainan PUBG bisa diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Misalnya file cache yang terlalu banyak, koneksi internet lemot, banyaknya aplikasi di latar belakang, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya sehingga anda bisa menghindari lag atau patah-patah di PUBG Mobile. Dengan demikian, permainan survival ini bisa dimainkan dengan lancar tanpa masalah.

Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag dan Patah-Patah

Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag dan Patah-Patah

1. Download Game Booster

Aplikasi game booster ini wajib digunakan bagi yang sering bermain game di HP. Aplikasi ini akan membantu Anda memaksimalkan game PUBG.

Tidak hanya itu, aplikasi ini akan secara otomatis menghentikan aktivitas yang berjalan di latar belakang. Sehingga, game PUBG yang dimainkan akan lebih maksimal.

Namun, pastikan untuk mendownload aplikasi game booster dengan rating yang bagus di PlayStore, ya. Karena cukup banyak aplikasi Game Booster palsu yang justru akan membuat kinerja HP menjadi berat.

2. Sesuaikan Kompatibilitas

Pada dasarnya, game PUBG Mobile memang cukup berat untuk beberapa spesifikasi HP. Oleh karena itu, sangat penting memastikan kompatibilitas smartphone yang digunakan.

Terkadang masih ada pengguna yang memaksakan menginstall game ini di OS yang tidak sesuai. Hasilnya, game PUBG yang dimainkan jadi kurang lancar dan sering kena lag.

Cara mengatasi PUBG Mobile yang lag dan patah-patah pada kasus ini adalah anda harus melakukan upgrade terhadap perangkat yang digunakan.

3. Koneksi Internet yang Bagus

PUBG Mobile membutuhkan koneksi internet yang bagus agar bisa dimainkan dengan lancar. Dengan internet yang ngebut, pemain akan terhindar dari lag dan patah-patah.

Oleh karena itu, selalu pastikan jaringan internet yang digunakan cukup memadai. Karena jika tiba-tiba internet macet, bukan tidak mungkin Anda akan mudah kalah dalam permainan.

Jadi, sebaiknya gunakan WiFi dengan jaringan stabil atau SIM card yang menawarkan paket internet ngebut. Sehingga anda bisa merasakan pengalaman bermain PUBG Mobile dengan lancar.

4. Menyesuaikan Pengaturan Grafis

Tidak hanya perlu memastikan OS yang kompatibel, settingan grafis juga harus diperhatikan. Setidaknya coba cek kapasitas RAM yang dimiliki smartphone karena hal ini juga sangat mempengaruhi kelancaran permainan.

Jika ternyata RAM begitu terbatas, sebaiknya sesuaikan pengaturan grafis ke level smooth saja. Berbeda jika RAM besar, Anda bisa menaikkannya ke tingkat pengaturan grafis yang lebih tinggi.

5. Update Game PUBG Mobile

Kapan terakhir kali Anda mengupdate game PUBG? Untuk kenyamanan bermain, sebaiknya gunakan aplikasi PUBG mobile versi terupdate dari developer resminya.

Pada dasarnya, aplikasi versi lama memang rentan terkena bugs yang membuat permainan kurang lancar. Selain itu, jika anda tidak memperbarui versi PUBG Mobile, maka anda tidak bisa merasakan update fitur terbarunya.

Jika memang PUBG Mobile di HP anda masih di versi lama sehingga membuat lag dan patah-patah, maka anda harus segera mengatasi nya dengan update PUBG Mobile.

6. Jangan Mematikan Fitur Animasi

Pada dasarnya, kendala yang satu ini jarang disadari pemain. Mengingat fitur animasi memang kerap kali disepelekan. Jika Anda merupakan pengguna Android yang suka mematikan animasi, sebaiknya aktifkan saja fitur ini.

Nah, Anda bisa mengeceknya sendiri apakah fitur animasi sudah aktif atau belum melalui menu Pengaturan. Setelah itu, klik Opsi Pengembang lalu aktifkan apabila fitur ini dalam keadaan dimatikan.

7. Hindari Bermain Sambil Di-Charge

Kebiasaan bermain game sambil mengisi baterai sebaiknya dihentikan. Terkadang sebagian pemain PUBG Mobile merasa tidak sabar menunggu baterai HP terisi penuh, bahkan mereka langsung menggunakannya sambil di-charge.

Pada dasarnya, tindakan ini tidak disarankan. Hal ini akan memicu kerusakan baterai maupun sistem secara perlahan. Meski beberapa tipe smartphone sudah lebih canggih, namun sebaiknya menunggu baterai sampai terisi penuh.

8. Mematikan Notifikasi

Metode lainnya yang bisa dicoba agar bermain PUBG Mobile lebih lancar adalah mematikan fitur notifikasi aplikasi. Apakah Anda kerap kali terganggu dengan notifikasi ketika sedang bermain game?

Jika iya, sebaiknya matikan terlebih dahulu notifikasi yang sering muncul. Memori smartphone akan terbagi fokusnya pada beberapa aktivitas.

Agar permainan PUBG terhindar dari lag dan patah-patah, maka sebaiknya matikan fitur notifikasi ini. Anda bisa melakukannya dengan mengaktifkan fitur jangan ganggu di pengaturan HP Android.

9. Menyisakan Ruang Penyimpanan

Periksalah kapasitas penyimpanan eksternal dan internal sebelum memainkan game ini. Pastikan memori yang tersisa mencukupi agar bisa menikmati pengalaman bermain yang baik.

Selain itu, sebaiknya hapus berbagai file dan dokumen tidak penting yang menyita memori. Meskipun terbilang cukup sepele, namun cara ini cukup ampuh untuk mengatasi PUBG Mobile yang mengalami lag, patah-patah, dan FPS drop.

10. Hindari Bermain Saat Baterai Sekarat

Jika smartphone sudah memunculkan peringatan baterai lemah, sebaiknya hentikan terlebih dahulu game yang dimainkan. Jika dipaksakan bermain dalam kondisi baterai sekarat, permainan akan lag dan bahkan berakibat negatif terhadap baterai.

Oleh karena itu, sebaiknya isi ulang baterai jika ternyata sudah lemah. Setelah itu, tunggu baterai sampai terisi penuh lalu anda bisa bermain PUBG Mobile kembali.

11. Install Ulang PUBG Mobile

Cara mengatasi PUBG lag selanjutnya adalah menginstall ulang game yang satu ini. Jadi, Anda perlu menghapusnya lalu mendownload dan install kembali.

Mungkin metode ini terlihat simple, namun bisa menjadi solusi yang tepat untuk bermain game ini dengan lancar. Karena dalam beberapa kasus, ditemukan bug di dalam PUBG mobile sehingga mempengaruhi kinerja saat dimainkan.

12. Membersihkan Recent Apps

Pernahkah Anda membersihkan recent app atau aplikasi yang sedang berjalan di background? Jika belum pernah, cobalah melakukan tips ini. Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang memang menambah beban memori.

Terlebih jika HP memiliki kapasitas RAM yang tergolong terbatas. Maka, bukan tidak mungkin Anda akan sering mengalami lag atau patah-patah saat main PUBG.

Jadi, pastikan untuk membersihkan aplikasi yang masih terbuka sebelum bermain PUBG Mobile. Sehingga anda bisa mengatasi lag dan patah-patah ketika bermain PUBG Mobile, terutama saat ada musuh di depan.

13. Membersihkan Storage

Metode selanjutnya untuk memainkan PUBG secara lancar adalah dengan membersihkan storage. Ada berapa banyak aplikasi yang tidak terpakai di smartphone?

Jika ternyata banyak yang tidak terpakai, sebaiknya hapus aplikasi dan file-file tersebut. Karena kapasitas penyimpanan yang sudah penuh, akan membuat kinerja PUBG Mobile menjadi lag dan patah-patah.

Dengan melakukan metode-metode di atas, Anda bisa memainkan PUBG dengan lebih leluasa. Cara mengatasi PUBG Mobile lag memang mudah dilakukan agar pengalaman memainkan game survivor ini lebih maksimal.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *