11 Cara Mengatasi Free Fire Lag dan Patah-Patah Paling Ampuh

  • Bagikan

Salah satu game battle royale yang masih banyak dimainkan hingga saat ini adalah Free Fire atau FF. Namun, keseruan permainan ini kerap kali terganggu karena adanya lag. Lalu, bagaimana cara mengatasi Free Fire lag yang mudah dan ampuh?

baca selengkapnya atau tidak sama sekali... Saya sarankan agar tidak membacanya

Lag atau patah-patah dalam permainan memang cukup menyebalkan. Terlebih jika hal tersebut terjadi berulang kali di setiap arena permainan yang dilalui. Pada dasarnya, hal ini memang bisa saja terjadi pada setiap tipe smartphone. Oleh karena itu, Anda butuh cara yang tepat untuk mengatasinya.

Mengingat FF adalah game battle royale yang cukup sengit, dimana anda harus bertahan hidup selama mungkin hingga semua musuh dikalahkan. Maka anda memerlukan permainan yang lancar tanpa adanya gangguan dari lag atau patah-patah.

Jika anda mengalami masalah ini, maka anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, anda bisa mengatasi game FF yang lag, FPS drop, maupun patah-patah dengan mudah. Beberapa diantaranya sebagai berikut dibawah ini.

Cara Mengatasi Free Fire Lag FPS Drop

Cara Mengatasi Free Fire Lag FPS Drop

1. Matikan Fitur Voice Chat FF

Jika Anda termasuk yang kurang nyaman dengan penggunaan voice chat FF, sebaiknya nonaktifkan saja fitur ini. Fitur ini memang membuat kinerja smartphone jadi meningkat.

Maka, tak heran jika pengguna akan mendapati lag dalam permainan FF. Selain mencegah terjadinya lag, menonaktifkan fitur voice chat juga akan lebih menghemat paket data internet yang digunakan.

2. Install Aplikasi Game Booster

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan melakukan boost atau memaksimalkan kinerja smartphone untuk bermain game. Bagi yang senang memainkan free fire di HP, maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi FF yang lag.

Prinsip kerja aplikasi ini adalah dengan membatasi proses yang berjalan di latar belakang selama pengguna sedang memainkan game. Perlu diketahui jika aplikasi yang dijalankan terlalu banyak, maka kinerja smartphone akan lebih berat.

3. Ke Tempat dengan Jaringan Stabil

Jaringan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kestabilan permainan FF. Jika Anda memainkan game ini di tempat tidak stabil, bukan tidak mungkin lag akan terjadi.

Meskipun mungkin hal ini tidak akan terlalu dirasakan bagi yang menggunakan jaringan 4G stabil. Namun, bagi pengguna jaringan 3G dan WiFi, sebaiknya pindah ke tempat dengan jaringan yang stabil saja.

4. Menonaktifkan Mode Hemat Baterai

Apakah Anda senang mengaktifkan mode hemat baterai? Sesuai dengan namanya, pengguna memang mengharapkan penggunaan baterai yang lebih hemat. Namun, mode ini juga terkadang mempengaruhi game FF yang sedang dimainkan.

Tak jarang hal ini menimbulkan lag yang mengganggu di tengah permainan. Seperti yang telah diketahui, performa HP memang akan dibatasi ketika mengaktifkan mode hemat baterai.

Oleh karena itu untuk mengatasi FF lag atau patah-patah, maka anda harus menonaktifkan terlebih dahulu mode ini agar tidak terjadi lag pada permainan free fire.

5. Mengaktifkan Mode Pesawat

Lag dalam permainan FF juga bisa diatasi dengan mengaktifkan mode pesawat. Mengapa airplane mode bisa menjadi solusi yang tepat? Pada dasarnya, mengaktifkan mode ini akan mencegah panggilan masuk dan gangguan lainnya ketika bermain game.

Dengan mengaktifkan mode ini, maka sistem tidak akan terlalu berat menjalankan aplikasi game. Hingga akhirnya, Anda bisa menikmati permainan tanpa lag yang mengganggu.

6. Uninstall Aplikasi Kurang Penting

Seberapa banyak aplikasi yang terinstall di smartphone Anda? Hal ini akan sangat mempengaruhi kelancaran permainan FF di smartphone. Sebaiknya hapus aplikasi yang tidak diperlukan, terlebih jika Anda sudah berbulan-bulan tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Terlalu banyak menginstall aplikasi akan membuat kapasitas RAM semakin penuh. Untuk mencegah hal ini, pastikan di smartphone Anda hanya berisi aplikasi yang penting-penting saja sehingga FF bisa lancar dan tidak lag saat dimainkan.

7. Setting Kualitas Grafis FF

Pada dasarnya, game FF menyediakan berbagai kualitas grafis yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi smartphone yang digunakan. Sebaiknya jangan paksakan kualitas grafis yang tinggi untuk smartphone dengan spesifikasi yang tidak sebanding.

Jika smartphone yang digunakan cukup memadai, tentunya Anda bisa membuat setting permainan dengan grafis yang tinggi. Apabila ingin memainkan game FF dengan grafis HD, setidaknya smartphone harus memiliki RAM paling sedikit 4 GB.

8. Mematikan Notifikasi yang Muncul

Cara mengatasi Free Fire lag berikutnya adalah dengan mematikan notifikasi yang muncul. Ketika sedang asyik bermain game, notifikasi yang muncul memang seringkali mengganggu.

Sistem di smartphone akan terbagi fokusnya karena menampilkan notifikasi yang cukup banyak. Oleh karena itu, sebaiknya matikan terlebih dahulu berbagai macam notifikasi aplikasi yang masuk ketika Anda sedang bermain game.

9. Menghapus File Cache

Menghapus file cache yang menumpuk bisa menjadi solusi berikutnya untuk bermain FF lancar tanpa lag. Pada dasarnya, file sampah yang satu ini memang menjadi salah satu penyebab memori internal cepat penuh.

Jika memori tersebut penuh, maka berbagai aplikasi yang dijalankan jadi tidak maksimal. Tak terkecuali game FF yang sedang dimainkan. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk membersihkan file sampah secara manual maupun dengan aplikasi CCleaner.

10. Jangan Main FF sambil Mengisi Baterai

Sebaiknya tunggu sampai proses pengisian baterai hampir atau sudah penuh. Pada dasarnya, penggunaan smartphone sambil di charge memang tidak disarankan. Pada beberapa tipe smartphone, hal ini bisa membuat baterai jadi cepat panas atau overheat.

Tak heran jika hal sederhana seperti ini apabila dilakukan terus-menerus bisa menyebabkan kerusakan sistem ponsel. Tidak hanya itu, game yang dimainkan pun akan banyak mengalami lag atau patah-patah.

11. Aktifkan Fitur Force GPU Rendering

Dengan mengaktifkan fitur ini, ponsel yang digunakan untuk bermain game FF akan menyediakan grafis yang lebih maksimal. Tentunya, pengalaman bermain game FF pun akan lebih menyenangkan karena terhindar dari lag.

Bagi yang belum pernah mengaktifkan fitur Force GPU Rendering, caranya sangat mudah. Anda tinggal mengaktifkan developer option pada menu Pengaturan di smartphone. 

Nah, itulah beberapa cara mengatasi Free Fire lag di atas bisa diikuti agar game battle royale ini bisa dimainkan lebih menyenangkan. Banyaknya lag atau patah-patah memang membuat permainan jadi kurang seru, sehingga Anda perlu segera mendapatkan solusinya dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *