10 Kekeliruan Pelaku bisnis UMKM yang Harus Dijauhi

  • Bagikan

Sangreview.com, Jakarta – Pandemi Covid-19 memang menghajar semua persendian ekonomi, terhitung mereka yang mau tak mau kehilangan tugas di periode susah. Pasti jadi pengangguran ialah suatu hal yang memilukan. Usaha bangun, ada beberapa bekas pegawai yang pada akhirnya menekuni usaha UMKM (Usaha Micro, Kecil, dan Menengah). Supaya usaha berjalan mulus, sebaiknya Anda menghindar beberapa kekeliruan pelaku bisnis UMKM.

Menekuni usaha UMKM memang menjadi opsi favorite beberapa orang sekarang ini. Dapat diawali dari modal kecil dan ada beberapa produk yang dapat dijajakan, perubahan mekanisme berbelanja online terhitung salah satunya yang membuat usaha ini cetak banyak cuan. Tidaklah aneh jika pada akhirnya UMKM dipandang punyai peranan yang penting dalam soal mengangkat ekonomi Indonesia yang pernah lemas satu tahun paling akhir.

Sekedar info, bisnis-bisnis UMKM beritanya sanggup bertahan saat Indonesia digilas kritis ekonomi tahun 1998. Dan saat wabah Covid-19 ini menghajar nyaris dua tahun kemarin, UMKM masih tetap berkembang selama ini, menunjukkan jika mereka ialah beberapa aktor yang ‘tahan banting’. Tidaklah aneh jika berdasar data Kemenkop dan UKM, ada 64 juta pelaku bisnis UMKM di Indonesia sampai 2021, seperti dikutip CNN Indonesia.

Tetapi walau disebutkan sanggup bertahan di dalam pandemi corona, UMKM pun tidak selama-lamanya memetik narasi cantik. Ada beberapa aktor usaha kecil ini yang mau tak mau gulung alas karena lakukan beberapa kekeliruan pelaku bisnis UMKM. Untuk itu untuk Anda yang menekuni usaha ini, sebaiknya memerhatikan pembahasan berikut agar usaha terbebas dari permasalahan.

10 Kekeliruan Pelaku bisnis UMKM yang Buat Usaha Gulung Alas

Sebagai sektor bisnis yang bisa ditekuni siapa saja lepas dari apa background pengajaran dan statusnya, perkembangan UMKM benar-benar sangat cepat. Namun ada banyak aktor UMKM yang tidak sadar lakukan kesalahn dan berbuntut kemunduran. Seperti apakah sich kekeliruan pelaku bisnis UMKM yang mempunyai potensi bikin rugi itu? Beberapa hal berikut dapat Anda dalami:

1. Tidak Memiliki Ide Perencanaan Yang Baik

Kekeliruan pelaku bisnis UMKM yang pertama dan sering dirasakan ialah punyai gagasan tetapi tidak dilakukan secara tepat melalui gagasan yang arif. Gagasan sekalinya kedengar mengagumkan tetapi didiamkan demikian saja terang jadi sebuah rugi. Untuk itu sebaiknya Anda mempunyai buku yang khusus simpan beberapa ide usaha, selanjutnya kerjakan rencana yang akurat.

Berbicara masalah gagasan , janganlah lupa samakan dengan sasaran pasar dan kekuatan usaha. Misalnya saja Anda jualan produk buatan sambel ciri khas wilayah, lalu Anda mempunyai gagasan untuk bekerjasama dengan idol K-Pop. Apa itu logis? Apa sesuai sasaran pasar? Apa sesuai bujet yang dipunyai? Bila memanglah tidak, jangan dipaksa cuman gengsi semata-mata karena nakal memberatkan aliran kas usaha.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *